DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KECERNAAN PROTEIN KASAR PAKAN KONSENTRAT YANG MENGANDUNG BIJI KARET PADA KERBAU KALIMANTAN SELATANN
PENGARANG:VENY REFRAWAN AYU-681
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-17


 

RINGKASAN

 

VENY REFRAWAN AYU.Kecernaan Protein Kasar Pakan Konsentrat yang Mengandung Biji Karet pada Kerbau Kalimantan Selatan, dibimbing oleh bapak Anis Wahdidan bapak Nursyam A. S.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaantepung biji karet hasil perendaman larutan kapur terhadap kecernaan protein kasar in vivo pakan konsentrat pada kerbau Kalimantan selatan. Penelitian ini dilakukan di Kelompok Ternak Desa Banua Raya Kecamatan Bati – Bati Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatandan di Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat

 

            Penelitian ini menggunakan Independent sample t-Test dengan 6 ekor kerbau Kalimantan Selatan. Membandingkan kecernaan protein kasar tiga ekor kerbau Kalimantan Selatanyang diberi pakan rumput rawa ad libitum ditambah konsentrat 1% dari bobot badan sebagai kontrol dengan tiga ekor kerbau yang diberi pakan rumput rawa ditambah konsentrat 1% dari bobot badan yang mengandung 15% tepung biji karet sebagai perlakuan. Peubah yang diamati yaitu konsumsi bahan kering ransum, konsumsi protein dan kecernaan protein.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tepung biji karet sebanyak 15% di dalam pakan konsentrat tidak memberikan berbeda nyata (P>0,05) terhadap konsumsi bahan kering ransum, konsumsi protein kasar dan kecernaan protein kasar. Dengan demikian penggunaan tepung biji karet sebanyak 15% berpotensi digunakan sebagai bahan pakan penyusun konsentrat untuk ternak kerbau Kalimantan Selatan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI