DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA UNTUK SMP/MTs KELAS VII
PENGARANG:NORLAILA HAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-18


Pembelajaran IPA di salah satu SMP Negeri Banjarmasin masih menggunakan buku dalam proses pembelajarannya menyebabkan peserta didik kesulitan dalam membentuk konsep materi karena visualisasi yang disajikan hanya berupa media gambar. Oleh sebab itu perlu adanya media pembelajaran yang mampu menyajikan visualisasi berbentuk media video. Pengembangan media pembelajaran Articulate Storyline pada materi kalor dan perpindahannya bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan validitas media pembelajaran, 2) mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan instrumen penelitian.  Teknik analisis data menggunakan uji validitas Aiken’s V dan presentase. Hasil analisis penelitian pengembangan menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran Articulate Storyline layak digunakan untuk pembelajaran dengan skor validitas ahli media pembelajaran sebesar 0,81 masuk dalam kategori sangat valid. (2) media pembelajaran Articulate Storyline yang sudah dilakukan uji coba memperoleh total skor keseluruhan responden yaitu 1077 dengan persentase kepraktisan 83% masuk dalam kategori praktis. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Articulate Storyline layak digunakan untuk proses pembelajaran IPA tingkat SMP/MTs kelas VII dan dapat digunakan untuk membentuk pemahaman konsep peserta didik.

Kata kunci: Media pembelajaran, Articulate Storyline, kalor dan perpindahannya

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI