DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PRAKTIKUM IPA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII
PENGARANG:DEWI SUSANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-18


ABSTRAK

 

Dewi Susanti, 2022. Pengembangan Buku Panduan Praktikum IPA untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Muhammad Zaini, M.Pd dan (II)Prof. Dr. H. Aminuddin Prahatama Putra, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Buku Panduan Praktikum, IPA, Keterampilan Berpikir Kritis, Peserta Didik, Kelas VII

 

Keterampilan berpikir kritis termasuk modal penting bagi peserta didik dalam menyelesaikan masalah di sekolah maupun di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan panduan praktikum untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP. Metode penelitian ini menggunakan model Tessmer yang terdiri dari evaluasi diri, review ahli, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Subjek penelitian terdiri dari 3 ahli dan 28 peserta didik SMP Negeri 1 Hulu Sungai Tengah untuk uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi ahli, instrumen uji keterbacaan peserta didik, angket respon peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan produk dan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi panduan praktikum sebesar 86,11 dengan kategori sangat valid, sedangkan hasil uji perorangan sebanyak 97,22% menyatakan setuju. Kepraktisan panduan praktikum sebesar 98,57% dengan kategori sangat praktis. Keterlaksanaan penggunaan panduan praktikum mendapatkan 100% dengan kategori sangat baik. Keefektifan panduan praktikum sebesar 89,6% dengan kategori efektif dan nilai N-Gain berpikir kritis sebesar 0,8; berarti peningkatannya dalam kategori tinggi.

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI