DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA
PENGARANG:INDAH NAJMI FAJAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-18


 

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA (Oleh : Indah Najmi Fajar ; Pembimbing : Mella Mutika Sari, Yudha Irhasyuarna ; 2021 ; 89 halaman)

 

ABSTRAK

 

Media pembelajaran berupa ringkasan materi dalam PPT atau Word belum sesuai untuk memvisualisasikan materi sistem ekskresi manusia sehingga memberikan dampak pada kemandirian peserta didik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan  media pembelajara interaktif menggunakan Articulate Storyline dalam melatihkan kemandirian belajar peserta didik kelas VII SMP pada materi Sistem ekskresi manusia. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model  ADDIE. Subjek  penelitian  adalah peserrta didik kelas  VIII  SMP Negeri 9 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi media dan materi, angket respon peserta didik, tes hasil belajar serta angket kemandirian belajar. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Validitas media berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan persentase 89,29% dengan kriteria “sangat valid” dan penilaian ahli materi mendapat kan persentase 88,57% dengan kriteria “sangat valid”, (2) Kepraktisan media pembelajaran berdasarkan respon peserta didik mendapatkan persentase 82,96% dengan kriteria “sangat praktis”, (3) Keefektifan  media  berdasarkan  tes hasil belajar diperoleh  n-gain  score  sebesar 0,37 dengan kriteria sedang, (4) Kemandirian belajar mendapatkan persentase 76,88 % dengan kriteria “baik”. Dengan demikian media pembelajaran menggunakan Articulate Storyline layak digunakan dalam melatihkan kemandirian belajar peserta didik.

 

 

 

Kata Kunci : media pembelajaran, Articulate Storyline, sistem ekskresi manusia, kemandirian belajar

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI