DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL SERTA KEDISIPLINAN ANAK KELOMPOK B DI PAUD ISLAM DI GUGUS XII NUSA INDAH KOTA PALANGKA RAYA
PENGARANG:MARIATUL QIBTHIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-18


ABSTRAK

 

Qibthiah, Mariatul. 2021. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, dan Lingkungan Sosial terhadap Perkembangan Nilai-nilai Agama dan Moral serta Kedisiplinan Anak Kelompok B di PAUD Islam di gugus XII Nusa Indah Kota Palangka Raya. Tesis Program Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd.,Ph.D. dan (2) Dr. Hj. Asniwati, M.Pd.

Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Sosial, Perkembangan Nilai-nilai Agama dan Moral, Kedisiplinan.

Kedisiplinan merupakan sikap/perilaku yang harus dimiliki oleh peserta didik. peserta didik diharapkan dapat mengikuti aturan atau tata tertib yang berlaku di sekolah. Seperti halnya yang disebutkan oleh Pranata (2012: 10) bahwa disiplin merupakan suatu sikap/perilaku yang pasti diharapkan oleh setiap pendidik agar kegiatan pembelajaran yang dilakukan baik di dalam kelas maupun di luar kelas dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dari hasil wawancara awal, dapat disimpulkan bahwa tingkat kedisiplinan anak masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh pola asuh orang tua dan lingkungan sosial terhadap perkembangan nilai-nilai agama dan moral serta kedisiplinan anak.

Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan teknik korelasi sebab akibat. Populasi penelitian sebanyak 214 orang tua dan diambil 65 responden sebagai sampel penelitian dengan teknik purposive sample. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linier, dan analisis jalur.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan perkembangan nilai-nilai agama dan moral; pola asuh orang tua dan kedisiplinan; lingkungan sosial dan perkembangan nilai-nilai agama dan moral; lingkungan sosial dan kedisiplinan; perkembangan nilai-nilai agama dan moral dan kedisiplinan, dan (2) terdapat pengaruh tidak langsung yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua melalui perkembangan nilai-nilai agama dan moral terhadap kedisiplinan anak; lingkungan sosial melalui perkembangan nilai-nilai agama dan moral terhadap kedisiplinan anak.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada orang tua, guru, dan kepala satuan PAUD agar menjalin komunikasi dengan orang tua agar memahami dengan baik cara mendidik anak sehingga dapat memberikan arahan kedisiplinan pada anak dan anak dapat memahami aturan dan tata tertib di masa yang akan datang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI