DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) DAN NON PERFOMING LOAN (NPL) TERHADAP RETURN ON ASSETS (ROA) BANK UMUM SWASTA NASIONAL DEVISA YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015 - 2020
PENGARANG:KRISNAWATI AGUSTINA GLEDYS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-18


ABSTRAK

Krisnawati Agustina Gledys 1710412220011, 2022, Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Non Perfoming Loan (NPL) Terhadap Return On Asset (ROA) Pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2020. Dibimbing oleh Sugiharto.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menguji pengaruh secara parsial dan simultan Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Non Perfoming Loan (NPL) Terhadap Return On Asset (ROA) Pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015- 2020.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Bank Umum Swasta Nasional Devisa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2020. Sampel yang digunakan yaitu laporan keuangan Bank Umum Swasta Nasional Devisa periode 2015-2020 dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan menggunakan teknik dokumentasi dalam mengumpulkan data. Sedangkan, teknik analisis yang digunakan adalah Analisisi Regresi Linear Berganda dengan menggunakan program SPSS versi26.0.

Hasil penelitian berdasarkan uji secara parsial (uji T) bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) yaitu (0,225 > 0,05) dengan besar pengaruh sebesar 7,10%. Loan to Deposit Ratio (LDR) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) yaitu (0,259 > 0,05) dengan besar pengaruh sebesar 6,35%. Non Perfoming Loan (NPL) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) yaitu (0,023 < 0,05) dengan besar pengaruh sebesar 17,83%. Serta, berdasarkan uji secara simultan (uji F) bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Perfoming Loan (NPL) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) yaitu (0,007 < 0,05) dengan besar pengaruh sebesar 31,3%.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA). Loan to Deposit Ratio (LDR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA). Non Perfoming Loan (NPL) berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA). Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Non Perfoming Loan (NPL) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Return On Asset (ROA).

 

Kata Kunci : Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan

Non Perfoming Loan (NPL) dan Return On Asset (ROA).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI