DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Simpang Tiga Tak Bersinyal Jalan Masjid Jami-Malkontemon Kota Banjarmasin
PENGARANG:RACHMAD REDY KUWAN MARU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-18


ANALISIS SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL JALAN MASJID JAMI –

MALKONTEMON KOTA BANJARMASIN

Disusun oleh: Rachmad Redy Kuwanmaru

Pembimbing: Prof. Dr. Iphan Fitrian Radam, ST., MT.

ABSTRAK

    Simpang tiga tak bersinyal jalan Masjid Jami-Jalan Malkontemon merupakan simpang tiga tak besinyal yang terletak di kota Banjarmasin kecamatan Banjarmasin Utara. Kondisi arus lalu lintas di lokasi simpang tiga tersebut cukup tinggi karena merupakan daerah komersial dan seringkali banyak mengakibatkan konflik antara pengguna jalan. Dengan banyaknya permasalahan yang terjadi maka perlu dilakukan analisis dan perbaikan tingkat pelayanan agar lokasi tersebut arus lalu lintas nya membaik dan di dapatkan hasil tingkat pelayanan yang optimal.

       Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kinerja simpang tiga tak bersinyal jalan Masjid Jami – jalan Malkontemon pada kondisi eksisting dan juga untuk mencari alternatif perbaikan yang baik dan juga tepat untuk memperbaiki indeks tingkat pelayanan pada simpang tiga tak bersinyal jalan Masjid Jami – jalan Malkontemon. Untuk perhitungan analisis pada penelitian ini digunakan metode dari MKJI 1997 dan juga menggunakan aplikasi software perangkat lunak KAJI dan Microsoft Exel untuk mempermudah mendapatkan hasil perhitungan. Data yang harus diperoleh terbagi menjadi dua yaitu data skunder dan primer. Data skunder dapat diperoleh dari data pertumbuhan penduduk kota Banjarmasin yang di dapat dari Badan Pusat Stastik Kota Banjarmasin. Sedangkan data primer di dapat dari survey lalu lintas yang dilakukan pada hari kerja selama 15 jam dari pukul 06.00 – 21.00 WITA.

       Berdasarkan hasil analisis simpang tiga tak bersinyal jalan Masjid Jami-jalan Malkontemon kondisi eksisting didapatkan nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 1,15, peluang antrian QP sebesar 88% dengan tundaan simpang (D) sebesar det/smp, maka indeks tingkat pelayanan (ITP) masuk dalam level ‘E’. Kinerja simpag tiga jalan Malkontemon–jalan Masjid Jami dapat di perbaiki tingkat pelayanannya dengan menggunakan alternatif seperti pelebaran geometri, penggunaan median jalan, dan menjadikan simpang tiga menjadi bersinyal yang akan memperbaiki indeks tingkat pelayanan menjadi lebih baik.

kata kunci : Analisis Simpang Tiga

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI