DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN TEKNIS FUEL RATIO ALAT ANGKUT PADA AKTIVITAS PEMINDAHAN OVERBURDEN DI PT SINAR NIRWANA SARI JOBSITE PT JORONG BARUTAMA GRESTON KECAMATAN JORONG, KABUPATEN TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MOHAMMAD PURWANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-18


 

Aktifitas penambangan tidak lepas dari penggunaan bahan bakar untuk menujang setiap kegiatan operasional, dimana bahan bakar merupakan bagian terpenting dalam suatu unit untuk menjalankan mesin pada peralatan mekanis.

Seiring dengan meningkat nya permintaan bahan bakar khususnya minyak ,sehingga perlu dilakukan pengkajian terhadap penggunaan bahan bakar ,dalam aktifitas penambangan penilitian ini difokuskan pada pengaruh fuel ratio alat angkut terhadap paroduktivitas alat angkut dan pengaruh fuel consumption  terhadap fuel ratio.

Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulakn data primer berupa data fuel ratio dan cycle time dari alat angkut. Data sekunder antara lain peta situasi dan peta daerah penelitian. Penelitian ini melakukan perhitungan cycle time alat angkut untuk mendapatkan nilai efisiensi kerja dan produktivitas dari alat angkut, kemudian perhitungan penggunaan fuel consumption untuk mendapatakan nilai fuel ratio alat angkut.

Berdasarkan dari hasil pengolahan data yang di dapat pengaruh fuel consumption terhadap fuel ratio, didapatkan rata-rata fuel consumption sebesar 9,92 HM/L. sedangkan rata rata fuel ratio sebesar 0,332 L/Bcm, semakin tinggi fuel consumption maka fuel ratio semakin besar, pengaruh fuel ratio terhadap produktivitas didapat kan rata rata sebesar 29,87 Bcm/H sedangkan rata rata fuel ratio sebesar 0,332 L/Bcm semakin tinggi produktivitas maka semakin rendah fuel ratio.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI