DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI (STUDI MULTI SITUS PADA TK ISLAM KHADIJAH PLUS BANJARMASIN DAN TK ISLAM AL-IKHWAN BANJARMASIN)
PENGARANG:AISIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-18


ABSTRAK

 

 

aisiyah. 2021Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini ( Studi Multi Situs Pada Tk Islam Khadijah Plus Banjarmasin Dan Tk Islam Al-Ikhwan Banjarmasin). Tesis Program Magister Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascsarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1)Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.Ddan (2) Dr. Erny Wadini, S.Pd., M.Pd

 

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pengembangan pembelajaran, nilai moral, nilai agama,

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa peneliti ingin meneliti perkembangan nilai agama dan moral yang diberikan guru kepada anak usia dini, karena guru merupakan tauladan bagi anak, dan menurut penelitian anak lebih melihat guru sebagai figure significant, sehingga anak lebih percaya dan patuh kepada apa yang diperintahkan dan diajarkan oleh guru

Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan menggunakan rancangan multisitus dimana subjek yang diteliti memiliki kesamaan latar belakang dan lembaga. Penelitian ini akan dilakukan pada anak usia pada TK Islam Khadijah Plus dan TK Islam Al-Ikhwan lokasi ini dipilih karena di dalam lingkungan tersebut terdapat subyek yang dituju oleh peneliti sebagai sumber dari penelitian ini. Kedua lokasi ini menunjukkan data-data yang unik dan menarik untuk diteliti.

Hasil penelitian yang diperoleh dalam hal Pendekatan pengembangan nilai agama dan moral TK Islam Khadijah Plus pendekatan pengembangan melalui metode bernyanyi, metode bercerita, metode tanya jawab, dan metode demonstrasi. Sedangkan TK Islam Al-Ikhwan pendekatan pengembangannya melalui metode pembiasaan, metode bercerita, metode demonstrasi, metode tanya jawab, dan metode bernyanyi dan dalam hal Teknik pengembangan nilai agama dan moral TK Islam Khadijah Plus teknik pengembangan dengan metode bernyanyi menyanyikan lagu-lagu keagamaan agar anak dapat berani maju kedepan, Metode bercerita tentang sikap nabi yang baik agar anak tau tentang bagaimana sikap, Metode tanya jawab tentang agama dan moral anak agar anak dapat menjawab pertanyaan dengan baik Metode demonstrasi dengan cara praktek sholat dan berwudhu. Sedangkan TK Islam Al-Ikhwan dengan metode pembiasaan pembelajaran sehari-hari disekolah, metode bercerita bercerita tentang kehidupan Nabi, metode demonstrasi dengan cara praktek sholat dan wudhu, dan metode tanya jawab tentang perilaku yang baik terhadap teman atau orang yang lebih tua, serta metode bernyanyi bernyanyi tentang lagu-lagu keagamaan. Harapan kedepannya berdasarkan hasil penelitian ini, guru sebaiknya selalu ikut serta dalam kegiatan aktivitas anak di sekolah, agar bisa memberikan teladan dan contoh yang baik khususnya dalam pengembangan nilai agama dan moral, misalnya pada saat praktek sholat guru juga ikut sholat agar dapat mencontoh dengan baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI