DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS APLIKASI WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS X IPS 3 SMAN 10 BANJARMASIN
PENGARANG:SUWAIBATUL ASLAMIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-18


ABSTRAK

 

Suwaibatul Aslamiyah, 2021. Efektivitas Pemanfaatan Whatsapp sebagai Media Pembelajaran Daring di Kelas X IPS 3 SMAN 10 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing Mahmudah Hasanah, M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan Whatsapp sebagai media pembelajaran daring di kelas X IPS 3 SMAN 10 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan henis penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan efektivitas pemanfaatan Whatsapp. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan model Miles dan Huberman.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan (1) Efektivitas Pemanfaatan Whatsapp di kelas X IPS 3 selama pembelajaran berupa pemanfaatan fitur dokumen, foto, personal chat, whatsapp grup, dan telepon. (2) Hambatan yang ditemui dalam pembelajaran menggunakan Whatsapp berupa memori handphone siswa yang sering penuh, kuota internet, sinyal atau jaringan, kurangnya interaksi, sulitnya mengetahui keseriusan siswa dalam belajar, siswa sulit memahami pembelajaran. (3) Solusi apabila mengalami hambatan pemanfaatan whatsapp maka sekolah menyediakan kuota belajar 15 GB/orang yang disalurkan setiap bulan, melakukan pertemuan tatap muka selama 1 minggu sekali, melakukan dokumentasi saat belajar daring oleh orang tua siswa dan pemanfaatan media belajar lain selain whatsapp seperti google classroom

 

Kata Kunci : Efektivitas,  Whatsapp, Daring (Dalam Jaringan), SMAN 10 Banjarmasin

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI