DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN LITERATUR DALAM PEMBELAJARAN PPKN SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN CIVIC KNOWLEDGE DI SMK MUHAMADIYAH 1 BANJARMASIN
PENGARANG:RIKA AMELIA RAFIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-18


Pemanfaatan literatur dalam pembelajaran PPKn di SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin belum terlaksana dengan baik, karena masih belum maksimalnya sarana dan prasarana literatur di sekolah terutama untuk mata pelajaran PPKn. Penelitian..ini bertujuan..untuk mengetahui,..peran..guru PPKn..dalam pemanfaatan literatur dan pengembangan Civic Knowledge siswa di SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Metode penelitian yang dipilih adalah metode..kualitatif. Teknik pengumpulan data..menggunakan  teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode kualitatif dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Peran guru dalam pembelajaran PPKn dengan memanfaatkan  literatur di SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin berjalan baik dilihat dari memberikan buku paket saat belajar dikelas, sebelum belajar siswa disuruh membaca buku terlebih dahulu sebelum guru menjelaskan materi. Pemanfaatan literatur di sekolah secara fasilitas masih kurang dapat dilihat dari beberapa kendala seperti ruangan perpustakaan tidak ada, ketersediaan buku PPKn yang masih terbatas, yaitu dua buku dan kurangnya prasarana pendukung sumber  literatur di sekolah, dan tidak adanya fasilitas literatur yang dapat membatu siswa mencari sumber literatur, (2) Upaya guru..PPKn dalam mengembangkan Civic Knowledge  siswa dengan cara siswa wajib membaca buku pelajaran sebelum belajar, memberikan tugas, kuis agar siswa mampu mengingat kembali materi yang diberikan, memberikan motivasi, dan guru harus lebih kreatif dalam menyampaikan materi ajar agar tidak bosan. Salah satu tolak ukur guru untuk mengetahui perkembangan Civic Knowledge siswa yang dilihat dari berbagai aspek seperti nilai, sikap, dan pemikiran yang kritis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa guru telah berupaya mengembangkan Civic Knowledge siswa dalam pembelajaran PPKn dengan memanfaatkan literatur sebagai sumber pengetahuan siswa.

 

Kata Kunci : Upaya Guru PPKn, Literatur, Civic Knowledge

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI