DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK E-MODULE SUBKONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING
PENGARANG:AINAL WAZNI NAZARA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-18


Pembelajaran daring mengalami kendala diantaranya kurangnya interaksi siswa dengan guru, mengakibatkan siswa bosan dengan pembelajaran yang monoton. Konsep sistem peredaran darah merupakan materi yang kompleks, sehingga membutuhkan bahan ajar yang bervariasi untuk mengatasi permasalahan siswa dan guru. Modul elektronik berbasis problem based learning dapat meningkatkan penguasaan konsep dan membantu siswa untuk belajar mandiri. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian, kelayakan, keterbacaan, dan respon siswa terhadap modul elektronik yang dikembangkan. Jenis penelitian yaitu Research and Development menggunakan model 4D oleh Thiagarajan et al. (1974) yang dimodifikasi sampai tahap develop. Subjek uji kesesuaian dan kelayakan terdiri atas 3 orang validator, sedangkan subjek uji keterbacaan dan respon oleh 9 orang siswa kelas XI MIPA SMA. Hasil penelitian modul elektronik berbasis PBL yang dikembangkan memperoleh nilai uji kesesuaian sebesar 4,29 yang tergolong sangat sesuai, memperoleh nilai kelayakan sebesar 4,40 yang artinya sangat layak, memperoleh nilai keterbacaan sebesar 4,57 yang tergolong sangat baik, dan memperoleh nilai respon siswa sebesar 4,58 yang tergolong sangat positif.

 

Kata kunci: Bahan ajar, modul elektronik, model pengembangan 4D, problem based learning, sistem peredaran darah manusia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI