DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penguatan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Pada Siswa di SMKN 4 Banjarmasin
PENGARANG:SHELYNA TRI ANANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-18


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan (i) Implementasi Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila di SMKN 4 Banjarmasin, (ii) Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila di SMKN 4 Banjarmasin, (iii) Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru PPKn untuk mengoptimalkan Penguatan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila di SMKN 4 Banjarmasin.

Jenis penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut diolah secara deskriptif kualitatif yaitu dengan memberikan komentar dan penjelasan sebagai hasil penelitian dalam kaitannya dengan pelaksanaan Penguatan Pendidikan karakter oleh guru mata pelajaran PPKn dan peserta didik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) implementasi pendidikan karakter di SMKN 4 Banjarmasin sudah terlaksana dengan baik, namun masih ditemukan sebagian kecil dari peserta didik yang belum mampu menerapkan nilai-nilai karakter dengan baik, (ii) faktor internal seperti kepala sekolah, guru dan pegawai (seluruh stakeholder) dan eksternal yaitu lingkungan keluarga, lingkungan pergaulan dengan teman sebaya serta lingkungan masyarakat, (iii) Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru PPKn untuk mengoptimalkan penguatan pendidikan karakter adalah melalui sikap keteladanan, mengintegrasikan nilai karakter dalam proses pembelajaran, dan pembiasaan khususnya pada masa pembelajaran daring dimasa pandemi seperti saat ini .

Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bahwa, perlu adanya perhatian dan pendekatan persuasif, khususnya bagi peserta didik yang perilakunya terkadang menyimpang dari nilai-nilai karakter yang dilaksanakan dalam aktivitas sehari-hari disekolah, kepada seluruh stakeholder yang ada di sekolah, keluarga dan masyarakat hendaknya mampu untuk membudayakan nilai-nilai karakter yang baik, karena mereka sebagai penentu keberhasilan dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter, guru PPKn hendaknya memberikan contoh sikap keteladanan, melaksanakan kegiatan pembiasaan, menanamkan sikap disiplin serta memantau dan mengawasi perilaku peserta didik dalam pergaulan selama dalam lingkungan sekolah dan bisa memanfaatkan teknologi melalui pembelajaran daring agar tetap bisa menanamkan nilai-nilai karakter dan mewujudkan profil pelajar Pancasila.

 

Kata Kunci : Penguatan, Pendidikan Karakter dan PPKn

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI