DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Untuk Siapa? Evaluasi Program Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Teluk Kelayan Kota Banjarmasin
PENGARANG:RABIYATUL ADAWIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-18


Program pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) merupakan program yang dilaksanakan pemerintah untuk menanggulangi kawasan kumuh serta memberikan hunian yang layak bagi masyarakat yang tidak memiliki rumah dan bertempat tinggal di Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengapa rusunawa Teluk Kelayan tidak termanfaatkan secara optimal dan mengetahui sasaran sebenarnya dalam proses pembangunan rusunawa Teluk Kelayan, untuk menganalisis permasalahan yang ada diperlukan evaluasi baik dari aspek proses, manfaat, dan dampak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualiatif. Informan dalam penelitian ini adalah Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Banjarmasin, Pengelola rusunawa Teluk Kelayan Kota Banjarmasin, penghuni rusunawa Teluk Kelayan, korban relokasi dan calon usulan rusunawa Teluk Kelayan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan tujuan dibangunnya rusunawa oleh pemerintah Kota Banjarmasin belum bermanfaat secara optimal, terdapat beberapa permasalahan dari aspek proses penetapan calon penghuni, bukan korban relokasi yang diusulkan justru masyarakat daftar tunggu di rusunawa Ganda Magfirah. Akibatnya penerima manfaatpun tidak tepat sasaran dan dampak yang terjadi kurang sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kata Kunci: Evaluasi Program, Rumah Susun Sederhana Sewa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI