DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI KETERCAPAIAN TARGET PRODUKSI PENAMBANGAN BERDASARKAN PRODUKTIVITAS ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT DI CV. AKBAR KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN BANJAR, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:FAHRI IKHWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-18


 

Pada kegiatan penambangan batubara, peralatan mekanis seperti alat gali muat dan alat angkut digunakan pada kegiatan pengupasan tanah penutup. Alat mekanis tersebut bekerja secara terus menerus sehingga menyebabkan produktivitas tidak tercapai dan match factor kurang maksimal. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya cycle time, effisiensi, dan bucket fill factor.  Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap produktivitas dan match factor.

 

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pengukuran aktual dilapangan yang bertujuan memperoleh hasil pada waktu sekarang. Proses pemecahan masalah menggunakan metode komputasi dan analisis disertai data-data berupa peta, gambar, grafik dan tabel yang dapat membantu dalam penyampaian informasi hasil penelitian.

            Dari Target Produktivitas alat gali muat Komatsu PC 300 dan alat angkut HINO 500. Diperloeh cycle time optimal untuk alat gali muat yaitu sebesar 26,23 detik dan cycle time alat angkut optimal adalah 544,44 detik. Dimana menghasilkan match factor 1 yang artinya antara alat gali muat dan alat angkut serasi. Dan juga menghasilkan produktivitas untuk alat gali muat sebesar 141,3 BCM/jam dengan effisiensi kerja sebesar 73%, dan untuk alat angkut sebesar 124 BCM/jam dengan effisiensi kerja sebesar 90%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI