DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) SEBAGAI PEMENUHAN HAK ANAK DI SMP NEGERI 14 BANJARMASIN
PENGARANG:JUNITA INDAH SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-19


ABSTRAK

Junita Indah Sari, 2021. Implementasi Sekolah Ramah Anak (SRA) Sebagai 

Pemenuhan Hak Anak Di SMP Negeri 14 Banjarmasin. Skripsi Program 

Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu 

Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing 

(I) Mariatul Kiptiah, Pembimbing (II) Muhammad Elmy

Kata Kunci: Implementasi, Sekolah Ramah Anak, Hak Anak

Sekolah ramah anak merupakan sekolah yang menjamin hak-hak anak dalam 

mendapatkan pendidikan dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada peserta 

didik di lingkungan sekolah. 

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah terkait tentang Program Sekolah 

Ramah Anak (SRA) di SMP Negeri 14 Banjarmasin, serta untuk mengetahui 

pelaksanaan Sekolah Ramah Anak (SRA) dalam memenuhi hak anak di SMP 

Negeri 14 Banjarmasin dan kendala dan upaya yang dilakukan dalam 

mengimplementasikan Sekolah Ramah Anak (SRA).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Sekolah Ramah Anak 

(SRA) Sebagai Pemenuhan Hak Anak di SMP Negeri 14 Banjarmasin Penelitian 

ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan dengan cara memandang 

obyek kajian sebagai suatu sistem. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan 

sumber data primer sebagai sumber data utama dan dilengkapi dengan sumber 

data sekunder. Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi 

serta untuk analisis data, peneliti menggunakan tahapan reduksi data, penyajian 

data, dan menarik kesimpulan penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Program sekolah ramah anak di SMP 

Negeri 14 Banjarmasin sebagai perwujudan untuk memenuhi hak anak dan 

menjamin kenyamanan dan keamanan bagi peserta didik. Implementasi Sekolah 

Ramah Anak di SMP Negeri 14 Banjarmasin sudah terlaksana dengan baik. Hal 

ini dilihat dari adanya perencanaan, implementasi, dan evaluasi pada program 

sekolah ramah anak. Adanya indikator pendukung sekolah ramah anak 

diantaranya kurikulum pembelajaran, sarana prasarana, partisipasi peserta didik, 

partisipasi orang tua, lembaga masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya 

yang telah terpenuhi.

Peneliti memberi saran terkait implementasi sekolah ramah anak di SMP Negeri 

14 Banjarmasin untuk selalu diberikan dukungan demi kelancaran pelaksanaan 

Program Sekolah Ramah Anak. Lalu, disarankan kepada peserta didik agar lebih 

meningkatkan partisipasi dalam berbagai kegiatan sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI