DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) SEBAGAI PEMENUHAN HAK ANAK DI SMP NEGERI 14 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | JUNITA INDAH SARI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-01-19 |
ABSTRAK
Junita Indah Sari, 2021. Implementasi Sekolah Ramah Anak (SRA) Sebagai
Pemenuhan Hak Anak Di SMP Negeri 14 Banjarmasin. Skripsi Program
Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu
Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing
(I) Mariatul Kiptiah, Pembimbing (II) Muhammad Elmy
Kata Kunci: Implementasi, Sekolah Ramah Anak, Hak Anak
Sekolah ramah anak merupakan sekolah yang menjamin hak-hak anak dalam
mendapatkan pendidikan dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada peserta
didik di lingkungan sekolah.
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah terkait tentang Program Sekolah
Ramah Anak (SRA) di SMP Negeri 14 Banjarmasin, serta untuk mengetahui
pelaksanaan Sekolah Ramah Anak (SRA) dalam memenuhi hak anak di SMP
Negeri 14 Banjarmasin dan kendala dan upaya yang dilakukan dalam
mengimplementasikan Sekolah Ramah Anak (SRA).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Sekolah Ramah Anak
(SRA) Sebagai Pemenuhan Hak Anak di SMP Negeri 14 Banjarmasin Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan dengan cara memandang
obyek kajian sebagai suatu sistem. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan
sumber data primer sebagai sumber data utama dan dilengkapi dengan sumber
data sekunder. Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi
serta untuk analisis data, peneliti menggunakan tahapan reduksi data, penyajian
data, dan menarik kesimpulan penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Program sekolah ramah anak di SMP
Negeri 14 Banjarmasin sebagai perwujudan untuk memenuhi hak anak dan
menjamin kenyamanan dan keamanan bagi peserta didik. Implementasi Sekolah
Ramah Anak di SMP Negeri 14 Banjarmasin sudah terlaksana dengan baik. Hal
ini dilihat dari adanya perencanaan, implementasi, dan evaluasi pada program
sekolah ramah anak. Adanya indikator pendukung sekolah ramah anak
diantaranya kurikulum pembelajaran, sarana prasarana, partisipasi peserta didik,
partisipasi orang tua, lembaga masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya
yang telah terpenuhi.
Peneliti memberi saran terkait implementasi sekolah ramah anak di SMP Negeri
14 Banjarmasin untuk selalu diberikan dukungan demi kelancaran pelaksanaan
Program Sekolah Ramah Anak. Lalu, disarankan kepada peserta didik agar lebih
meningkatkan partisipasi dalam berbagai kegiatan sekolah.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI