DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGUATAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMILIHAN KETUA ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DI SMPN 8 BANJARMASIN
PENGARANG:ZAINAL RIDHO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-19


 

ABSTRAK

 

 

 

Zainal Ridho, 2021. Penguatan Partisipasi Siswa Dalam Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMPN 8 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Sarbaini, Pembimbing (II) Fatimah

 

Kata Kunci : Penguatan Partisipasi Siswa dalam berbemokrasi, pemilu, OSIS.

 

 

 

Di sekolah tingkat menengah setiap tahunnya para siswa dihadapkan pada pergelaran pemilihan ketua OSIS. Hal ini tentunya menjadi wadah bagi siswa untuk ikut serta dalam pelaksanaan demokrasi. Pemilihan ketua OSIS diharapkan mampu melatih dan membiasakan siswa dalam hal berdemokrasi, seperti menggunakan hak memilih ataupun dipilih, serta mengetahui gambaran bagaimana pelaksanaan pemilu yang menjadi bekal mereka dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dimasa yang akan datang.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan dan tingkat partisipasi siwa dalam pemilihan ketua OSIS, Upaya apa saja yang dilakukan dalam membantu menguatkan partisipasi siswa, dan Apa yang menjadi pertimbangan Siswa dalam menentukan calon ketua OSIS pilihannya, di SMPN 8 Banjarmasin.

 

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data dipilih secara Purposive Sampling, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dan dianalisis dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) SMPN 8 Banjarmasin menggunakan voting dalam menentukan ketua OSIS, tingkat partisipasinya dapat dikatakan tinggi yakni lebih dari 95%. 2) Berbagai upaya yang dilakukan sekolah untuk membantu menguatkan partisipasi siswadalam pemilihan ketua OSIS diantaranya dengan cara menugaskan para panitia pemilu memasuki tiap-tiap kelas yang ada untuk mengumpulkan voting dari masing-masing siswa di kelas tersebut, sehingga semua siswa yang hadir saat hari digelarnya pemilihan memberikan voting atau suaranya. Pihak sekolah juga mengadakan sosialisasi dan kampanye para calon ketua OSIS tersebut, yang dimaksudkan agar para siswa bisa lebih mengenal dan membandingkan kelebihan masing-masing dari para calon ketua OSIS tersebut. 3) Hal yang menjadi pertimbangan para siswa di SMPN 8 Banjarmasin dalam menentukan calon ketua OSIS yang mereka pilih berbeda-beda, ada yang memilih karna calon tersebut memenuhi kriteria pemimpin, ada yang memilih karena teman sekelas, karena keluarga dan lain sebagainya.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan sebaiknya pihak sekolah betul-betul mencontoh tata cara pemilihan yang diselenggarakan pemerintah atau negara dalam pemilihan ketua OSIS, serta melibatkan dewan guru guna memberi rasa percaya pada siswa berkaitan hasil pemilu tersebut dan para siswa harusnya mepertimbangkan dengan baik sebelum menentukan seorang pemimpin.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI