DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEINGINAN PENGENDARA MENGGUNAKAN TEMPAT PARKIR PADA KAWASAN BANDAR UDARA SYAMSUDIN NOOR
PENGARANG:MUHAMMAD ARLIAN PRAMONO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-19


Pihak Angkasa Pura I khususnya bandar udara Syamsudin Noor bertugas untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pengunjung Bandar udara Syamsudin Noor salah satu bentuk pelayanan yang sangat menunjang untuk pengunjung bandar udara adalah pelayanan fasilitas parkir. Pelayanan jasa tempat parkir pada Bandar udara Syamsudin Noor saat ini dirasa masih kurang optimal maka perlu dibuatnya suatu strategi serta peraturan.

Tahap pertama adalah pengamatan langsung di lapangan untuk menetapkan variabel apa saja yang cocok dipakai untuk kuisioner penelitian. Selanjutnya dilakukan pengkajian pada variabel tersebut. Setelah itu dilakukan penyebaran kuisioner secara langsung pada area bandar udara Syamsudin Noor dengan skala likert. Responden dalam Penelitian ini diambil sebanyak 225 orang responden dengan konfigurasi 75 orang yang memakai kendaraan roda 2, dan 150 orang yang memakai kendaraan roda 4. Responden dipilih secara acak dan telah memenuhi persyaratan dalam pembagian responden penelitian yaitu menggunakan kendaraan roda 4 atau roda 2, berumur antara 20 sampai dengan 50 tahun, dan memiliki pekerjaan tetap. Ketika seluruh data sudah lengkap, kemudian dibuat analisis regresi. Pendekatan statistik dipergunakan dalam analisis data tersebut adalah model regresi logistik menggunakan Statistical Program for Social Sience (SPSS) version 25for Windows untuk membuat model prediksi dari kesediaan orang dalam menggunakan fasilitas tempat parkir di Bandar udara Syamsudin Noor.

Hasil penelitian pada pengguna kendaraan roda 2 menunjukkan dari 15 indikator yang diteliti terdapat 2 indikator mempengaruhi pengendara untuk mempergunakan tempat parkir yaitu lahan dan tarif. Untuk pengguna kendaraan roda 4  menunjukkan dari 16 indikator yang diteliti terdapat  3 indikator mempengaruhi pengendara untuk mempergunakan tempat parkir yaitu lahan, marka dan kemudahan untuk menurunkan dan menaikan penumpang. pengguna kendaraan roda 2 dan roda 4 menunjukkan dari 16 indikator yang diteliti terdapat  4 indikator mempengaruhi pengendara untuk mempergunakan tempat parkir yaitu yaitu yaitu kelengkapan rambu, marka dan informasi tarif, waktu, ketersediaan lahan, tarif pakir, kemudahan untuk menurunkan dan menaikan penumpang serta Ketersediaan parkir. Faktor Tarif Parkir menjadi indikator paling dominan pada kesediaan pengguna roda dua menggunakan tempat parkir. Pada Kesediaan pengguna roda empat dalam menggunakan tempat parkir indikator yang berpotensi adalah tarif parkir, sedangkan untuk analisa gabungan roda dua dan roda empat indikator yang paling dominan adalah kemudahan untuk menaikan dan menurunkan penumpang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI