DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH DI KELURAHAN MANDAR SARI KECAMATAN KERTAK HANYAR KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:M. SUPRIANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-19


ABSTRAK

 

M. SUPRIANSYAH (1720422310006). 2022. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Bank Sampah di Kelurahan Mandar Sari Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Program Studi Magister Studi Pembangunan, Program Pasca Sarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing 1: Muhammad Riduansyah Syafari dan Pembimbing 2: Muhammad Ansyar.

.

 

Peraturan Daerah Kabupaten Banjar Nomor 4 tahun 2016 tentang pengelolaan sampah mengamanatkan pengurangan sampah dari sumbernya yaitu sampah rumah tangga. Salah satu alternatif dalam pengurangan sampah adalah melalui Bank Sampah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemberdayaan masyarakat melalui program Bank Sampah di Kelurahan Mandar Sari yaitu Bank Daur’s Purna Praja.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. sumber data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer pada penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara dengan informan dari Bank daur’s Purna Praja, Aparatur Kelurahan Mandar Sari dan Nasabah Bank Daur’s Purna Praja.

Hasil dari penelitian yaitu proses pemberdayaan masyarakat yang dilakukan melalui program bank sampah di Kelurahan Mandar Sari ditinjau dari aspek Penyadaran dan aspek penguatan Kapasitas. Untuk aspek penyadaran dilakukan melalui kegiatan sosialisasi, sedangkan untuk aspek penguatan kapasitas dilakukan melalui penguatan kapasitas individu, penguatan kapasitas Kelembagaan dan penguatan sistem jaringan. Penguatan kapasitas individu adalah melalui kegiatan pelatihan, penguatan kapasitan kelembagan adalah melalui kegiatan manajeman Bank sampah dan penguatan jaringan adalah melalui kegiatan pemasaran.

Saran yang diberikan yaitu Kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banjar (DPMPD) dan Kecamatan untuk membentuk Bank Sampah tiap Desa / Kelurahan.

 

 

Kata kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Bank Sampah, Penguatan Kapasitas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI