DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA MELALUI ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN MURUNG PUDAK KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:SUSANTY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-19


 

ABSTRAK

 

 

 

 

 

Susanty, 2021. Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Melalui Orgaizational Citizenship Behavior (OCB) Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Wahyu, MS. Pembimbing II: Dr. Suhaimi, S.Pd., M.Pd.

 

 

 

Kata Kunci: Motivasi, Kepuasan, OCB, Kinerja Guru

 

 

 

Kinerja guru sangat penting dalam memastikan pencapaian tujuan sekolah, maka perlu untuk didorong agar kinerjanya lebih baik. Namun, ini tidak mudah karena banyak faktor yang mempengaruhi tingkat kinerja guru. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh secara langsung dan tidak langsung antara motivasi kerja, kepuasan kerja dan Orgaizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap Kinerja guru SDN Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong.

 

Penelitian ini merupakan penelitian regresionaldengan pendekatan kuantitatifyang diformulakan kedalam model analisis jalur (path analysis).  Populasi penelitian sebanyak 269 guru dari 24 sekolah dan diambil 161 responden sebagai sampel penelitian dengan teknik probability simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan intrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis jalur (path analysis).

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai koefisien regresi variabel adalah angka positif seperti motivasi kerja (X1) dengan kinerja (Y) sebesar 0,275, motivasi kerja (X1) dengan Orgaizational Citizenship Behavior (OCB) (Z) sebesar 0,433, kepuasan kerja (X2) dengan kinerja guru(Y) sebesar 0,375, kepuasankerja (X2) dengan Orgaizational Citizenship Behavior (OCB) (Z) sebesar 0,435, Orgaizational Citizenship Behavior (OCB) (Z) dengan kinerja Guru (Y) sebesar 0,269, motivasi kerja (X1)melalui Orgaizational Citizenship Behavior (OCB) (Z) dengan kinerja Guru (Y) sebesar 0,116 dan kepuasan kerja (X2) melalui Orgaizational Citizenship Behavior (OCB) (Z) dengan kinerja Guru (Y) sebesar 0,117.

.Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh langsung yang signifikan motivasi kerja, kepuasan kerja dan Orgaizational Citizenship Behavior (OCB)  terhadap kinerja guru. Terdapat pengaruh tidak langsung motivasi kerja melalui Orgaizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap kinerja guru SDN Kecamatan Murung Pudak. Terdapat pengaruh tidak langsung kepuasan kerja melalui Orgaizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap kinerja guru SDN Kecamatan Murung Pudak. Saran kepada kepala sekolah lebih memotivasi dengan memberikan penghargaan atau pujian atas faktor kemampuan dan keahlian yang dicapai juga memberikan perhatian dan tanggapan atas penyampaian ide atau saran diberikan yang berguna demi kemajuan sekolah.Guru harus lebih meningkatkan profesionalismenya dalam pembelajaran seperti penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu dan mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI