DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Tingkat Ground Vibration Akibat Peledakan di Pit Semesta Centramas (SCM) PT Balangan Coal Group, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan
PENGARANG:SYAHRIAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-19


 

ABSTRAK

 

Operasi peledakan juga selain penting dilakukan untuk mempermudah proses produksi selanjutnya juga banyak menemukan masalah dan efek-efek yang bakal ditimbulkan dari kegiatan yang dilakukan seperti efek-efek dari peledakan itu sendiri seperti getaran tanah (ground vibration). Pentingnya dilakukan pengukuran tingkat getaran tanah yang mengarah ke pemukiman untuk mengetahui tingkat getaran yang ditimbulkan akibat peledakan sehingga tidak menyebabkan kerusakan ataupun protes dari masyarakat akibat dari peledakan tersebut.

 

Metode yang digunakan untuk menentukan tingkat getaran yang sesuai dengan standar SNI yaitu dengan cara memasukan data hasil pengukuran getaran dengan menggunakan alat micromate kedaladam software blastware untuk mendapatkan nilai konstan dan eksponen. Kemudian nilai konstan dan eksponen dimasukkan kedalam rumus yang sudah ditentukan. Dari pengolahan data tersebut didapatkan data PPV aktual, apabila nilai PPV melebihi standar SNI maka dilakukan revisi isian bahan peledak perdelay.

 

Hasil dari pengolahan data agar tingkat getaran tanah sesuai dengan standar SNI <3 m/s, yaitu dengan nilai PPV 3 m/s pada jarak 1800 m sebesar 52,7 kg. Kemudian dengan nilai PPV 2,5 m/s pada jarak 1800 m sebesar 41,0 kg.

 

Kata Kunci : ground vibration,scaled distance, peak particle velocity

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI