DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Penggunaan Dana Desa Dalam Bidang Pembangunan Infrastruktur Di Desa Bentot Kecamatan Patangkep Tutupi Kabupaten Barito Timur
PENGARANG:FRISKA SOFYA RINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-19


Friska Sofya Rini, 1710411620013, 2022 “Implementasi Penggunaan Dana Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur Tahun 2020 Di Desa Bentot Kecamatan Patangkep Tutui Kabupaten Barito Timur”, Dibimbing Oleh Enly Hadiyanor.

Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam Komponen negara kesatuan merupakan salah satu dari Nawa Cita yang dimenjadi agenda prioritas Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden, Dengan hal tersebut dana desa sendiri mendapat tambahan anggaran dari pusat dimana dalam prosesnaya desa dapat mengelola anggaran yang disalurkan sesuai kebutuhan desa itu sendiri, tentu dengan tujuanmengembangkan desa.Pembangunan desa juga mendapat perhatian kusus dimana desa sudah m elakukan pembangunan dari segi infrastruktur dan noon infrastruktur. Melihat h al tersebut adapun judul penelitian penelitian ini adalah Implementasi Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 Di Desa Bentot Kecamatan Patangkep TutuiKabupaten Barito Timur. 

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui: 1) bagaimana implementasi kebijakan Dana Desa Dalam Bidang Pembangunan di Desa Bentot Kecamatan P atangkep Tutui Kabupaten Barito Timur Berdasarkan Permendesa PDTT Nomor 1 4 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Permendesa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. 2) Mengetahui Faktor - Faktor Penghambat Dalam Implementasi Permendesa PDTT Nomor 14 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Permendesa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 di Desa Bentot Kecamatan Patangkep Tutui Kabupaten Barito Timur.Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan t ipe penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, w awancara, dan dokumen. Dengan Teknik analisis data antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. 

Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pemerintahan desa Bentot t elah melaksanakan implementasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Pengelolaan dana desa di Bentot dilakukan sesuai dengan peraturan yang telah d itetapkan oleh dengan Implementasi Permendesa PDTT Nomor 14 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Permendesa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang P rioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Namun dalam implementasi ditemukan adanya tantangan dan hambatan yaitu a) Pembebasan Lahan, b)Komunikasi Yang Tidak Berjalan Dengan Lancar, c)Podemi Covid-19

Kata Kunci : Implementasi, Dana Desa, Pembangunan Infrastruktur.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI