DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PADA PEMBELAJARAN ONLINE PPKN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA SUNGAI DURAIT HULU KECAMATAN BABIRIK
PENGARANG:RUMINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-19


Salah satu peranan orang tua adalah memotivasi anaknya dalam belajar. Peran orang tua sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan anak. Peranan orang tua salah satunya yaitu berkewajiban melaksanakan pendidikan kepada anaknya di rumah, maka anak-anak tersebut perlu diberikan motivasi belajar agar lebih semangat dan bergairah sehingga memiliki prestasi dalam belajar. Pada masa pandemi covid-19 ini sebagian anak terlihat kurang semangat untuk belajar. Mereka lebih banyak menggunakan handphonenya untuk bermain game dari pada belajar

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada saat pandemi dan kendala yang dihadapi orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada saat pandemi Covid-19.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan orang tua dalam memotivasi belajar anak di Desa Sungai Durait Hulu bisa dibilang baik.Motivasi dan peran orang tua memiliki hubungan terhadap proses kegiatan belajar anak.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada orang tua untuk terus membimbing dan mepertahankan semangat belajar anak. Dengan memberikan perhatian yang cukup, menyediakan fasilitas, menemani atau mengawasi anak pada saat belajar, memberikan rewards atau pujian dapat membantu untuk meningkatkan motivasi belajar anak. Disarankan kepada orang tua yang ekonominya berada di atas untuk merikan fasilitas yang cukup, seperti membelikan kuota anak untuk sebulan dan mendatangkan guru les untuk anak.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI