DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI TIPE MADYA PABEAN B BANJARMASIN, KALIMANTAN SELATAN.
PENGARANG:NADYA PURNAMA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-19


Nadya Purnama Sari (2021). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Organizational Citizenship Behavior Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Banjarmasin. Pembimbing: Meiske Claudia.

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional secara simultan (bersama-sama) terhadap organizational citizenship behavior pegawai negeri sipil pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Banjarmasin; 2) pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior pegawai negeri sipil pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Banjarmasin; 3) pengaruh komitmen organisasional terhadap organizational citizenship behavior pegawai negeri sipil pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Banjarmasin.

Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebesar 85 orang pegawai negeri sipil non atasan, tetapi dalam penyebaran kuesioner menghasilkan response rate sebesar 64,7% atau 55 orang, hal ini dikarenakan kondisi pandemi yang terjadi dan beberapa pegawai yang dinas keluar daerah. Sementara pihak kantor KPPBC TMP B Banjarmasin di objek penelitian ini tidak memperkenankan kepada penulis untuk menggunakan Google Form dalam rangka mempermudah pengumpulan data. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan aplikasi program software SPSS 21.

Hasil penelitian uji F menunjukkan bahwa Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Hasil uji t variabel Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Sedangkan uji t variabel Komitmen Organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB).

 

Kata Kunci: Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional, Organizational Citizenship Behavior.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI