DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Kurikulum Lembaga Pendidikan Dan Latihan Kedinasan (Studi Multi Kasus pada Sekolah Polisi Negara dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Selatan)
PENGARANG:JONI EKO PRABOWO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-19


ABSTRAK

 

Prabowo, Joni Eko. 2021. Implementasi Kurikulum LembagaPendidikan Dan Latihan Kedinasan(Studi Multi Kasus pada Sekolah Polisi Negara dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Selatan). Tesis, Program Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Prof. Drs. H. Rustam Effendi M.Pd., Ph.D (II) Dr. Suhaimi, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Kurikulum, Pelatihan, Kedinasan

 

Kurikulum sebagai program pendidikan yang direncanakan dan diprogramkan dan dirancang yang berisi bahan ajar, pengalaman belajar peserta didik. Tergambarnya mutu lulusan pendidikan akan tergambar dalam kurikulum lembaga pendidikan melalui standar isi dan diturunkan dalam bentuk kegiatan pembelajaran atas dasar norma-norma yang berlaku.

Fokus penelitian meliputi: (1) Pengorganisasian kurikulum; (2) pelaksanaan kurikulum; (3) evaluasi kurikulum yang dilaksanakan di Sekolah Polisi Negara (SPN) dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Kalimantan Selatan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalahkepala Lembaga, kepala bagian, dan tenaga pendidik. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposif yang dipadukan dengan teknik snowball sampling. Data yang terkumpul melalui berbagai teknik tersebut diperiksa dan dilakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Kemudian data dianalisis dengan analisis tunggal dan analisis lintas situs.

Hasil temuan pengorganisasian Kurikulum di SPN diterima dari Lemdiklat Polri dan diorganisasikan Bagian Pengajaran dan Pelatihan. Peserta didik melalui rekrutmen yang dilakukan oleh Polda Kalimantan Selatan.  Pengorganisasian kurikulum di BPSDM diterima kurikulum dari LAN dan diserahkan kepada Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial & Fungsional. Peserta didik diserahkan dari instansi kabupaten/kota di Kalimantan Selatan; (2) Pelaksanaan Kurikulum di SPN Bagian Pengajaran dan Pelatihan kegiatan pembelajaran secara luring dan pengasuhan di asrama dan kegiatan magang serta satker lain sesuai bidang tugas masing-masing. Pelaksanaan kurikulum di BPSDM dilaksanakan oleh sub bidang Kompetensi Pimpinan Daerah dan Prajabatan yaitu Kegiatan pembelajaran, pengasuhan dan pembimbingan. Kegiatan pembelajaran secara klasikal dan non klasikal serta kegiatan magang pada instansi penempatan; (3) Evaluasi Kurikulum di SPN dengan evaluasi hasil belajar dan keterampilan peserta didik melalui tes tertulis dan praktik. Evaluasi kurikulum melalui rapat akhir tahun pelajaran oleh Bagian Pengajaran dan Pelatihan dan semua satker. Evaluasi kurikulum di BPSDM yaitu evaluasi hasil belajar peserta didik melalui tes dan pelaporan hasil magang.

Saran bagi Kepala Lembaga pendidikan, penelitian ini memberikan bahan masukan dan pengembangan kepada kepala Lembaga pendidikan mengenai kurikulum dan pembelajaran dan upaya menentukan efektifitas dan efisiensi kurikulum yang dijalankan. Bagi tenaga pendidik, sebagai bahan panduan dalam pelaksanaan dan pengembangan kurikulum dan program pembelajaran baik metode yang diterapkan dalam pembentukan karakter peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI