DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK BAHASA ANAK DALAM MEMAHAMI CERITA YANG DIBACAKAN MENGGUNAKAN METODE BERCERITA YANG DIVARIASIKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN METODE TANYA JAWAB PADA ANAK KELOMPOK A PAUD ISLAM TERPADU AL-IHSAN BANJARMASIN SELATAN
PENGARANG:TUTI HANDAYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-19


ABSTRAK

 

Handayani, Tuti, 2022 “Mengembangkan Aspek Bahasa Anak dalam Memahami Cerita Yang Dibacakan Menggunakan Metode Bercerita yang divariasikan dengan Model Pembelajaran Picture And Picture dan Metode Tanya Jawab pada anak Kelompok A PAUD Islam Terpadu Al-Ihsan Banjarmasin Selatan Skripsi Program Studi Strata I Pendidikan Guru Anak Usia Dini FKIP Unlam. Pembimbing Novitawati, S.Psi.,M.Pd

Kata Kunci : Aspek bahasa, Memahami Cerita Yang Dibacakan, Metode Bercerita, Picture And Picture , Tanya Jawab,

Masalah penelitian ini rendahnya hasil perkembangan aspek bahasa anak dalam Memahami Cerita Yang Dibacakan kelompok A PAUD Islam Terpadu Al-Ihsan Banjarmasin Selatan. Permasalahan ini terjadi karena anak belum mampu Memahami isi cerita Yang Dibacakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) aktifitas guru (2) aktifitas anak, dan (3) hasil perkembangan aspek bahasa anak dalam Memahami Cerita Yang Dibacakan Menggunakan Metode Bercerita yang divariasikan dengan Model Pembelajaran Picture And Picture dan Metode Tanya Jawab pada anak Kelompok A PAUD Islam Terpadu Al-Ihsan Banjarmasin Selatan

Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). untuk memperoleh data berdasarkan tingkat kualitas dengan cara observasi kegiatan anak Dengan 4 rancangan pada 4 kali pertemuan, dan di setiap pertemuan dilakukan perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi.

Hasil penelitian ini keberhasilan gum dengan skor 36 sangat baik, aktivitas anak secara rata - rata kelas mencapai persentase >81% dengan kriteria sangat aktif dan secara klasikal > 100% dengan kriteria sangat aktif dan hasil belajar pengembangan aspek bahasa anak secara individual mendapat bintang 3 dan 4 dan klasikal > 100%. hasil penelitian setiap pertemuan semakin meningkat. Aktivitas guru pada siklus ke 1 mendapat skor 16 dengan kriteria “Cukup Baik” dan pada siklus 4 mendapat skor 31 dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil aktivitas anak siklus 1 secara klasikal 50 % dengan kategori “Cukup Aktif’ dan meningkat pada siklus 4 secara klasikal dengan perolehan skor 100% dengan kategori “Sangat Aktif’. untuk perkembangan aspek bahasa anak pada siklus 1 berkembang secara klasikal sebanyak 19% mengalami peningkatan pada siklus 4 yang berkembang secara klasikal sebanyak 100% atau mencapai indikator keberhasilan.

Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Bercerita yang divariasikan dengan Model Pembelajaran Picture And Picture dan Metode Tanya Jawab dalam Memahami Cerita Yang Dibacakan pada anak Kelompok A PAUD Islam Terpadu Al-Ihsan Banjarmasin Selatan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI