DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA DOSIS Trichoderma spp TERHADAP PERKEMBANGAN POPULASI WERENG BATANG PADI COKLAT PADA TANAMAN PADI DAN SIFAT KIMIA TANAH FAJAR YULYANTO JURUSAN AGROEKOTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARBARU 2018
PENGARANG:Fajar Yulyanto
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2018-04-24


Fajar Yulyanto. Pengaruh Pemberian Beberapa Dosis Trichoderma spp Terhadap Perkembangan Populasi Wereng Batang Padi Coklat Pada Tanaman Padi dan Sifat Kimia Tanah, dibimbing oleh H. Samharinto dan Bambang Joko P.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Trichoderma spp dengan dosis yang berbeda terhadap perkembangan kelimpahan wereng batang padi coklat (Nilaparvata lugens) dan pengaruh terhadap sifat kimia tanah.
Penelitian dilaksanakan di rumah kaca Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Mei sampai dengan November 2017. Rancangan lingkungan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari enam perlakuan dosis Trichoderma spp cair (Kontrol, A = Dosis Trichoderma sp cair 2,5 ml/pot, B = Dosis Trichoderma sp cair 5 ml/pot, C = Dosis Trichoderma sp cair 7,5 ml/pot, D = Dosis Trichoderma sp cair 10 ml/pot, E = Dosis Trichoderma sp cair 12,5 ml/pot) dengan empat kali ulangan sehingga ada 24 satuan percobaan. Setiap satuan percobaan terdiri atas dua pasang wereng batang coklat sehingga jumlah yang diperlukan 48 pasang wereng batang coklat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pemberian Trichoderma spp terhadap perkembangan kelimpahan wereng batang padi coklat (Nilaparvata lugens) tidak berpengaruh nyata, namun mampu menurunkan kelimpahan wereng coklat antara 15,86 % - 54,19%, terhadap sifat kimia tanah untuk C organik
masuk kategori sangat rendah berbeda dengan N total yang masuk kategori sedang dan tinggi, sehingga mengakibatkan C/N rasio menjadi sangat rendah sedangkan pada pH mengalami penurunan.
Kata Kunci : Trichoderma spp, kelimpahan wereng batang padi coklat, (Nilaparvata lugens), sifat kimia tanah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI