DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN DALAM JARINGAN PADA MASA PANDEMI DI SMPN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:LUTFIA MADINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-20


 

ABSTRAK

 

Lutfia Madina, 2021. Implementasi Penanaman Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Dalam Pembelajaran PPKn Dalam Jaringan Pada Masa Pandemi Di SMPN 4 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Fatimah Pembimbing (II) Dian Agus Ruchliyadi

 

Kata Kunci: Implementasi, Penanaman Nilai, Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab.

 

Implementasi merupakan suatu aktifitas dan tindakan yang memiliki sebuah tujuan yang terencana. Sekolah dalam hal ini memanfaatkan kehadiran dan keterlibatan siswa dalam penanaman nilai karakter disiplin dan tanggung jawab pada saat pembelajaran PPKn secara daring di SMPN 4 Banjarmasin, nilai karakter disiplin dan tanggung jawab menjadi salah satu sikap yang harus ada pada diri setiap individu.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penanaman nilai karakter disiplin dan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran PPKn dalam jaringan pada masa pandemi di SMPN 4 Banjarmasin.

 

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik penentuan sumber data dilakukan secara “snowball sampling”. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, pemilihan data, dan penampilan data, serta menarik kesimpulan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai karakter disiplin dan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran PPKn secara daring ini direncanakan melalui RPP, kemudian dilaksanakan melalui pembelajaran secara daring selanjutnya evaluasi dilakukan pada saat pembelajaran dan dikahir pembelajaran dengan cara melihat aktifitas yang dilakukan siswa selama pembelajaran daring berlangsung. Namun dalam proses pelaksanannya memiliki hambatan yang banyak dibandingkan pembelajaran secara luring, hambatan tersebut di antaranya kurangnya pemahaman tentang pembelajaran daring, alat pendukung dalam pembelajaran daring seperti handphone dan kendala jaringan.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan, dalam upaya penanaman nilai karakter disiplin dan tanggung jawab siswa pada pembelajaran daring di SMPN 4 Banjarmasin diharapkan pihak sekolah, guru, siswa, dan orangtua untuk dapat meningkatkan kesadaran tentang disiplin dan tanggung jawab serta menambah pengetahuan tentang pembelajaran daring dan meningkatkan kemampuan terhadap perkembangan teknologi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI