DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH, DAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI KECAMATAN ALALAK KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:PAMUNGKAS RININGSIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-20


 

ABSTRAK

 

 

 

 

 

Riningsih, Pamungkas, 2021. Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah dan Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Kinerja Guru dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D. Pembimbing II: Dr. Muhammad Saleh , M.Pd.

 

 

 

Kata Kunci: Kepemimpinan Instruksional, Media, Kinerja, Prestasi Siswa

 

 

 

Prestasi belajar penting sebagai indikator keberhasilan bagi seorang guru maupun siswa. Bagi guru, prestasi belajar siswa dapat dijadikan sebagai pedoman penilaian terhadap keberhasilan dalam kegiatan membelajarkan siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh secara langsung dan tidak langsung kepemimpinan instruksional kepala sekolah, pengembangan media pembelajaran dan kinerja guru terhadap prestasi siswa di SMP Negeri Kecamatan Alalak Barito Kuala.

 

Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif.  Populasi penelitian sebanyak 119 guru dari 5 sekolah dan diambil 92 responden sebagai sampel penelitian dengan Proportional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan analisis jalur (path analysis).

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh langsung kepemimpinan instruksional terhadapprestasi siswa sebesar 0,259, pengaruh langsung kepemimpinan instruksional terhadapkinerja guru sebesar 0,625, pengaruh langsung pengembangan media pembelajaran terhadap prestasi siswa sebesar 0,247, pengaruh langsung pengembangan media pembelajaran terhadapkinerja guru) sebesar 0,699, pengaruh langsung kinerja guru terhadapprestasi siswa sebesar 0,568, pengaruh tidak langsung kepemimpinan instruksional melalui kinerja guru  terhadapprestasi siswa  sebesar 0,355 dan pengaruh tidak langsung pengembangan media pembelajaran melalui kinerja guru  terhadapprestasi siswasebesar 0,357.

 

Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh langsung kepemimpinan instruksional, pengembangan media pembelajaran dan kinerja guruterhadapprestasi belajar siswa. Terdapat pengaruh tidak langsung kepemimpinan instruksionaldan pengembangan media pembelajaran melalui kinerja guruterhadap prestasi siswa di SMPN Kecamatan Alalak. Saran kepada kepala sekolah meningkatkan kualitas pengawasan terhadap kinerja guru dengan melakukan observasi langsung di kelas, melakukan pendekatan yang lebih personal untuk meningkatkan kinerja guru. Saran buat guru dapat memilih sumber belajar/ media pembelajaran dan guru perlu lebih memperhatikan prestasi siswa terutama pada ranah sikap dan keterampilan karena dalam penilaian prestasi belajar tidak terfokus hanya pada nilai pengetahuan tapi juga diringi dengan perbaikan sikap dan perilaku juga keterampilan yang dimiliki siswa. dan peneliti selanjutnya dapat menganalisis penelitian tentang prestasi siswa secara lebih mendalam dengan menggunakan variabel yang lebih banyak lagi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI