DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PENINGKATAN RASIO PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:FARIDA AULIA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-20


ABSTRAK

 

 

Farida Aulia Sari. 2021. Strategi Peningkatan Rasio Pendapatan Asli Daerah diKabupatenBalangan.Pembimbing:MuhammadAnsharNur,AhmadYunani.

 

 

PeningkatanRasioPendapatanAsliDaerahdiKabupatenBalangandihadapkan dengan permasalahan seperti (1) rendahnya kualitas SDM, (2) masihkurangnya pendataan sesuai dengan potensi riil, (3) penerimaan Pendapatan AsliDaerah (PAD) masih dikelola secara manual, (4) rendahnya kesadaran masyarakatuntuk membayar PAD diantaranya pajak daerah dan retribusi daerah,dan (5)tingginya ketergantungan Pemerintah Kabupaten Balangan terhadap transfer dariPemerintah Pusat berupa Dana Alokasi Umun (DAU) dan Dana Alokasi Khusus(DAK).

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rasio Pendapatan Asli Daerah diKabupatenBalangan,menganalisisfaktorpendukungdanpenghambatuntukmeningkatkanrasioPendapatanAsliDaerahdiKabupatenBalangandanmenganalisis strategi meningkatkan rasio Pendapatan Asli Daerah di KabupatenBalangan. Metode Penelitian iniadalah deskriptif kuantitatif dan sumber datayang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan datamenggunakandokumentasi,kuesioner danwawancara,sedangkanalatanalisisyangdigunakan menggunakan Analisis SWOT.

RasioPendapatan AsliDaerahdi KabupatenBalangan ditinjau dari: (1)RasioDesentralisasikeuanganDaerahsangatkurang,(2)RasioKemandirianKeuangan Daerah sangat kurang dan (3) Rasio Ketergantungan Keuangan DaerahKabupatenBalanganmemilikikategoritinggi.HalinimenunjukkanbahwatingginyatingkatKetergantunganKeuanganDaerahPemerintahKabupatenBalangan terhadap pemerintah pusat. Faktor pendukung untuk meningkatkan rasioPendapatan Asli Daerah di Kabupaten Balangan yaitu tersedianya sumber dayamanusia, adanya Perda yang mengatur penerimaan daerah, masih adanya objekpajak/ retribusi yang belum tergali dan potensi sumber daya daerah, sedangkanhambatanyangdihadapiolehPemerintahKabupatenBalanganyaitubelumoptimalnya sumber daya manusia yang dimiliki dari segi kompetensi pendidikan,anggaran yang tersedia untuk kegiatan yang sifatnya seremonial dan rutin tidaksemuanyaberkaitanlangsung denganpeningkatanPAD,rendahnyakepatuhanterhadapkewajibanpajakdaerahdanpenempatanSDMAparaturyangtidaksesuai dengan kompetensi dan pengalaman. Strategi peningkatan rasio PendapatanAsliDaerahdiKabupatenBalanganyangdapatditerapkanolehPemerintahDaerah Kabupaten Balangan, yaitu: (1) peningkatan kemampuan SDM aparaturpengelolaPADmelaluidiklatteknisdankerjasamadenganPemerintahPusatuntuk menggali potensi PAD, (2) peningkatan sarana penunjang PAD berupa alatperekam transaksi pajak, dan (3) penerapan sistem informasi pengelolaan PAD,serta (4) pengoptimalan anggaran yang dimiliki dengan berfokus pada kegiatanyangberkaitan langsungdengan peningkatan PAD.

 

KataKunci:Rasio,PAD, AnalisisSWOT

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI