DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perencanaan Pondasi Tiang Pancang Pada Bangunan Bertingkat Tujuh: Pengembangan Kantor Kelurahan Kertak Hanyar
PENGARANG:MUHAMMAD NOR SYAUFAN HANIFI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-20


ABSTRAK

Perencanaan pembangunan kantor kelurahan Kertak Hanyar dengan ketinggian mencapai tujuh lantai berdiri di atas permukaan tanah lunak yang tebal.. Sehingga perlu rancangan desain pondasi dalam yang aman dan mampu menyalurkan seluruh beban bangunan ke permukaan tanah keras yang cukup kuat.

Perencanaan awal dilakukan menggunakan beton dengan mutu 30 MPa dan tulangan baja bermutu 400 MPa yang mengacua pada SNI 2847-2013 dan perhitungan beban yang terjadi akibat gempa berpedoman pada SNI 1726-2019. Perhitungan daya dukung tiang dilakukan berdasarkan hasil dari data sondir. Lalu kontrol yang dilakukan pada pondasi berupa perhitungan pada gaya vertikal, horizontal, dan penurunan yang berpedoman pada peraturan SNI 8460-2017.

Perencanaan pondasi tiang 30 x 30 cm dilakukan sedalam 30 m dengan daya dukung ijin sebesar 59,38 ton. Beban yang disalurkan tiap-tiap kolom berbeda, akibatnya pondasi dibuat menjadi 3 (tiga) tipe berbeda. Ketiga jenis pondasi ini dinyatakan aman terhadap kontrol dari efisisensi tiang, beban maksimum tiang, daya dukung lateral, serta penurunan paling besar yang terjadi hanya sebesar 4,6 cm dan masih kurang dari batas ijin penurunan pondasinya, yaitu 15,3 cm. Perencanaan pile cap dilakukan dengan beton bermutu 30 MPa dan tulangan baja dengan mutu 400 MPa

 

Kata kunci: tiang pancang, daya dukung tiang, efisiensi tiang, beban maksimum, penurunan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI