DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS POTENSI DAN KONTRIBUSI RETRIBUSI PELAYANAN PERSAMPAHAN/KEBERSIHAN TERHADAP RETRIBUSI DAERAH DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:NATASYA PARAMADINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-20


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan terhadap Retribusi Daerah, tingkat laju pertumbuhan Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan dan untuk mengetahui kategori potensi yang dihasilkan Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan di Kota Banjarmasin pada tahun 2010-2019. Penelitian ini dilakukan di Kota Banjarmasin menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data tentang upaya dan hambatan dalam pemungutan retribusi pelayanan persampahan/kebersihan di Kota Banjarmasin. Sedangkan data sekunder yaitu data target dan realisasi retribusi pelayanan persampahan/kebersihan dan retribusi daerah Kota Banjarmasin. Metode pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kontribusi retribusi pelayanan persampahan 36,02% lebih besar daripada rata-rata kontribusi retribusi daerah 3,02% yang artinya potensial. Laju pertumbuhan retribusi pelayanan persampahan/kebersihan menghasilkan rata-rata 10,64% yang artinya laju pertumbuhan retribusi pelayanan persampahan/kebersihan positif. Potensi retribusi pelayanan persampahan/kebersihan di Kota Banjarmasin tahun 2010-2019 masuk dalam kategori prima karena kontribusinya potensial dan laju pertumbuhannya positif.  

Kata Kunci: Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan, Retribusi Daerah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI