DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA KORPORASI DALAM TINDAK PIDANA PEMILIHAN KEPALA DAERAH
PENGARANG:SUKMA ACHMAD LIDYANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-20


PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA KORPORASI DALAM TINDAK PIDANA PEMILIHAN KEPALA DAERAH

 

 

 

ABSTRAK

 

Tujuan  penelitian ini adalah Untuk mengetahui bentuk tindak pidana pemilihan kepala daerah yang dapat dilakukan oleh korporasi. Untuk mengetahui pertanggungjawaban pidana korporasi yang melakukan tindak pidana pemilihan kepala daerah.

 

Metode penelitian ini  menggunakan penelitian hukum emperis dengan sifat penelitian yang dilakukan adalah bersifat penelitian preskriptif dengan tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian terhadap ketegasan hukum. Bahan hukum yang digunakan primer dan sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan (Library Research). Analisis bahan hukum dalam penulisan ini digunakan data kualitatif.

 

Hasil penelitian yang telah didapatkan bahwa Pertama Bentuk tindak pidana pemilihan kepala daerah yang dapat dilakukan oleh korporasi dilihat dari segi tahapan pemutahiran data dan penyusunan daftar pemilih. Pendaftaran peserta Pemilu/ Penetapan Peserta Pemilu/ Penetapan jumlah Kursi/ pencalonan. Tahapan Masa Kampanye. Tahapan masa Tenang, Tahap pemungutan dan Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil pemilu.   KeduaPertanggungjawaban pidana korporasi yang melakukan tindak pidana pemilihan kepala daerah, yang berhubugan dengan hal tersebut bahwa  petanggungjawabannya bahwa tindakan kooporasi yang dilakukan  termasuk dalam tindak pidana korporasi yang melakukan tindak pidana pemilihan kepala daerah dilihat dari keterlibatan semua pihak yang mendukung salah satu pasangan calon kepala daerah. 

 

 

Kata Kunci: pertanggungjawaban pidana korporasitindak pidana pemilihan kepala daerah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI