DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Bidang Pengembangan Data Dan Informasi Kesejahteraan Sosial (PDIKS) Dan Bidang Perlindungan, Jaminan Sosial Dan Penanganan Kemiskinan (LINJAMSOS) Pada Dinas Sosial Kota Banjarmasin
PENGARANG:NURUL JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-20


                                                                                       ABSTRAK

 

Nurul Jannah, 1710411320033, 2021: “Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Bidang Pengembangan Data Dan Informasi Kesejahteraan Sosial (PDIKS) Dan Bidang Perlindungan, Jaminan Sosial Dan Penanganan Kemiskinan (LINJAMSOS) Pada Dinas Sosial Kota Banjarmasin”. Di Bawah Bimbingan Ibu Avela Dewi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik bidang pengembangan data dan informasi kesejahteraan sosial (PDIKS) dan bidang perlindungan, jaminan sosial dan penanganan kemiskinan (LINJAMSOS) pada Dinas Sosial Kota Banjarmasin. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitas pelayanan publik menurut Menurut Zeithaml et.al. yang meliputi: Tangibel (Berwujud); Reliability (Kehandalan); Responsiveness (Ketanggapan); Assurance (Jaminan) dan Empathy (Empati). 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah 23 Aparatur Sipil Negara bidang PDIKS dan bidang LINJAMSOS Dinas Sosial Kota Banjarmasin. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik analisa data menggunakan teknik regresi linier sederhana melalui bantuan SPSS versi 25 for Windows. 

Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana didapatkan nilai thitung pada Uji T (parsial) sebesar 2,377 dengan signifikansi sebesar 0,027. Sedangkan nilai fhitung pada Uji F (simultan) sebesar 5,649 dengan signifikansi sebesar 0,027. Hal tersebut kemudian menjadi tolak ukur penentuan hipotesis dengan hasil Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya kinerja pegawai berpengaruh terhadap kualitas pelayanan publik bidang PDIKS dan bidang LINJAMSOS Dinas Sosial Kota Banjarmasin. Besarnya pengaruh kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik tersebut yaitu sebesar 21,2% dan sisanya 78,8 dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini.

Kata Kunci: Kinerja Pegawai, Kualitas Pelayanan Publik, Aparatur Sipil Negara

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI