DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MATERI VOKAL PADA SISWA KELAS VIII A SMPN 1 BANUA LAWAS KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:AIDINA SEPTIA RAHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-20


ABSTRAK

 

Rahmi, Aidina Septia. 2021. Penerapan Model Project Based Learning dalam materi vokal pada siswa kelas VIII A SMPN 1 Banua Lawas Kabupaten Tabalong. Program Studi, Seni Pertunjukan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing 1: Edlin Yanuar Nugraheni, M.Sn., Pembimbing 2 : Muhammad Najamudin, M.Pd.

Kata Kunci : Model Project Based Learning, Vokal

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  proses dan hasil penerapan model Project Based Learning dalam materi vokal pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Banua Lawas Kabupaten Tabalong.  Teori yang digunakan adalah teori tentang teknik vokal dan model Project Based Learning. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, dan guru seni budaya dan peserta didik kelas VIII A adalah subjek penelitiannya , sedangkan objeknya adalahmodel pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran materi vokal. Teknik triangulasi digunakan dalam pengumpulan data dengan pendekatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data merupakan tiga tahapan yang dijalankan pada teknik analisis data.Pada pelaksanaan penelitian, guru mengadakan dua kali pembelajaran tatap muka untuk menilai kemampuan peserta didik dalam memahami dan menyanyikan lagu daerah Ampar-ampar Pisang sesuai dengan teknik, gaya, dan dialektika dalam menyanyikannya. Selanjutnya pada pertemuan terakhir diadakan penilaian unjuk kerja dengan memperhatikan kamampuan kognitif dan psikomotorik. Dalam proses pembelajaran tersebut peserta didik tampak banyak terlibat. Kegiatan lebih banyak berfokus pada peserta didik, alhasil hasil belajar dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotoriknya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI