DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh umur tanaman kacang nagara terhadap intensitas penyakit karat
PENGARANG:RISKY YANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-21


Kacang Nagara (Vigna unguiculata ssp. cylindrica)merupakan sumber daya genetik lokal yang dapat tumbuh dengan baik di Kalimantan Selatan, khususnya di daerah Nagara Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Penyakit karat pada kacang-kacangan sangat merugikan bagi pertumbuhan dan produksi tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengentahui tingkat umur tanaman kacang nagara saat diinokulasi terserang penyakit karat.

Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 6 taraf yaitu, 7 hari, 14 hari, 21 hari, 28 hari, 35 hari dan 42 hari. Ada 3 varietas yang diuji yaitu kacang nagara, kacang tunggak (sebagai pembanding) dan kacang kedelai varietas Dena-1 (sebagai cek tahan dengan 4 ulangan sehingga didapatkan 72 satuan percobaan.

Hasil penelitian menunjukkan serangan penyakit karat pada tanaman kacang nagara dipengaruhi oleh umur tanaman. Kacang nagara yang berumur 42 hari lebih mudah terserang penyakit karat dibanding bila serangan datang pada saat tanaman berumur 7 hari dan 14 hari. Hal ini juga terjadi pada kacang tunggak sedangkan kedelai varietas Dena-1 tetap tidak terserang sampai dengan pengamatan terakhir.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI