DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM MEMPRAKTEKAN GERAKAN BERWUDHU MENGGUNAKAN MODEL DEMONSTRASI, SIMULASI DAN METODE TANYA JAWAB ANAK KELOMPOK B TK KENANGA KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:ISNAENI NURUL HIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-21


ABSTRAK

Isnaeni Nurul Hidayah, 2021. Mengembangkan Aspek Nilai Agama dan Moral      Dalam Mempraktekan Gerakan Berwudhu Menggunakan Model        Demonstrasi, Simulasi dan Metode Tanya Jawab Anak Kelompok B TK             Kenanga Kabupaten Tanah Laut.  Skripsi Program S1-Pendidikan Guru      Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan      Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. H.             Khairil Anwar, M.Pd.

Kata Kunci : gerakan berwudhu demonstrasi, simulasi dan tanya jawab

               Permasalahan yang dihadapi atau ditemukan dalam penelitian ini adalah rendahnya anak yang masih belum mampu untuk melaksanakan kegiatan berwudhu dengan menirukan gerakan 1-8 secara berurutan dengan tepat. Solusi permasalahan ini yaitu guru menemukan inovasi dalam gaya mengajar anak yang bervariasi agar menarik minat belajar anak dalam melakukan pembiasaan yang baik, menjadikan anak lebih aktif dalam proses pembelajaran dan memudahkan anak lebih memahami materi pembelajaran. Adapun cara mengatasi kendala tersebut ialah menggunakan model demonstrasi, simulasi dan metode tanya jawab. Tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dalam mengembangkan  aspek nilai agama dan moral pada anak, mendeskripsikan aktivitas anak saat mengikuti pembelajaran aspek nilai agama pada anak dan menganalisis pengembangan  aspek nilai agama  pada anak.

Pendekatan bentuk penelitian lain yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) setting penelitian ini adalah di Taman Kanak-Kanak KENANGA Kabupaten Tanah Laut kelompok B yang berjumlah 15 orang anak (10 laki-laki dan 5 perempuan). Analisis data secara deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah aktivitas guru memenuhi kriteria sangat baik dan hasil perkembangan anak minimal mendapat bintang 3 (***).

Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 3 memperoleh skor 37 dengan kriteria “sangat baik”, 3 aspek mendapat skor 3 dan 7 aspek mendapat skor 4, guru sudah aktif menyampaikan, menyajikan, membimbing serta mengulang materi kepada anak. Hasil aktivitas anak pada pertemuan 3 memperoleh 100% (sangat baik), anak sudah aktif melaksanakan kegiatan dengan baik, menganalisis serta mengumpan balikan pertanyaan dari guru. Hasil perkembangan  nilai agama dan moral 100% dengan memperoleh bintang 3 (***) Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan bintang 4 (****) Berkembang Sangat Baik (BSB), anak sudah aktif praktek melakukan kegiatan berwudhu baik sebelum praktek secara langsung maupun praktek langsung menggunakan air.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan, bahwa menggunakan model demonstrasi, simulasi dan metode tanya jawab dapat meningkatkan perkembangan, seperti aktivitas guru berhasil dengan kriteria sangat baik, aktivitas anak kriteria sangat aktif dan perkembangan nilai agama dan moral anak dengan kriteria berkembang sangat baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI