DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, DRILL DAN PEMBERIAN TUGAS DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B PAUD-IT MANBA’UL ‘ULUM KECAMATAN KERTAK HANYAR II KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:NOOR AINAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-21


Ainah, N. 2020. Mengembangkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Lambang Bilangan Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction, Drill dan Pemberian Tugas dengan Media Papan Flanel pada Anak Kelompok B PAUD-IT Manba’ul ‘Ulum Kecamatan Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2020/2021. Pembimbing: Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si

 

Kata kunci :  kognitif, bilangan, explicit instruction, pemberian tugas, papan flanel

 

Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan pada anak kelompok B PAUD-IT Manba’ul ‘Ulum diperoleh gambaran bahwa kemampuan kognitif dalam mengenal lambang bilangan masih belum maksimal. Hal ini karena anak kurang berminat dan kurangnya perhatian mereka saat diberi penjelasan. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model explicit instruction, drill dan pemberian tugas dengan media papan flanel melalui penelitian, dengan tujuan dapat mengembangkan kemampuan kemampuan kognitif dalam mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B PAUD-IT Manba’ul ‘Ulum.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3siklus. Pengumpulan data yaitu melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak kelompok B PAUD-IT Manba’ul ‘Ulum yang berjumlah 15 anak. Dengan indikator keberhasilan untuk aktivitas guru dengan kriteriasangat baik, aktivitas anak ≥81% hampir seluruh anak aktif, serta perkembangan kemampuan kognitif secara individual dan klasikal mencapai ≥81% mendapat «««.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai skor 41 dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 87% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan kognitif anak dalam menggunakan lambang bilangan untuk menghitung berhasil berkembang dengan persentase 93% anak memperoleh 򮮮.

Dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif dalam mengenal lambang bilangan menggunakan kombinasi model explicit instruction, drill dan pemberian tugas  dengan media papan flannelpada anak kelompok B PAUD-IT Manba’ul ‘Ulumdikatakan berhasil/berkembang. Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan kombinasi model explicit instruction, drill dan pemberian tugas  dengan media papan flanelsalah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan kognitif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI