DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK BAHASA ANAK DALAM MENGULANG KALIMAT SEDERHANA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE DAN MODEL SNOWBALL TRHOWING PADA KELOMPOK A DI TK HARAPAN BUNDA BANJARMASIN TIMUR
PENGARANG:MAHLIDAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-21


ABSTRAK

Wati. M. 2020. Mengembangkan Aspek Bahasa Anak dalam Mengulang Kalimat Sederhana Menggunakan Metode demonstrasi dikombinasikan dengan Model Picture and Picture dan Model Snowball Trhowing pada Kelompok A di TK Harapan Bunda Banjarmasin Timur. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2020/2021. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Darmiyati, M.Pd

 

Kata kunci :  Bahasa, Kalimat, Demosntrasi, Picture and Picture, Snowball Trhowing

 

Permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan kemampuan bahasa adalah rendahnya hasil perkembangan bahasa anak dalam mengulang kalimat sederhana karena anak kurang fokus dan kurangnya motivasi dalam memperhatikan guru. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakanmetode demonstrasi dikombinasikan dengan model picture and picture dan model snowball trhowing. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kativitas guru, aktivitas anak dan mengembangkan kemampuan bahasa anak dalam mengulang kalimat sederhanamenggunakan metode demonstrasi dikombinasikan dengan model picture and picture dan model snowball trhowing pada anak kelompok A TK Harapan Bunda.

Penelitianmenggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan permainan dan observasi terhadap anak kelompok A TK Harapan Bundayang berjumlah 12 anak. Indikator keberhasilan yang digunakan adalah mencapai 80%. Faktor yang diteliti aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan anak.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 94% dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai83% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan bahasa anak dalam mengulang kalimat sederhanaberhasil

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI