DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI GURU PPKN DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN SATUI KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:NIKMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-21


 

            Pembelajaran daring merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang dilakukan dalam jaringan dengan memanfaatkan internet dan fitur-fitur pembelajaran yang tersedia di gadget. Ketercapaian tujuan pembelajaran daring memerlukan strategi pembelajaran.

                               Masalah pokok dalam penelitian ini adalah terkait tentang guru PPKn dalam merancang strategi pembelajaran daring, mulai dari merumuskan materi pembelajaran, mempersiapkan media pembelajaran, memilih model pembelajaran dan menentukan metode pembelajaran. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PPKn dalam merancang dan menerapkan strategi pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yaitu mendeskripsikan dan menganalisis hasil penelitian dalam bentuk narasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder, penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive yaitu menentukan informan yang dianggap mengetahui informasi secara mendalam. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.

            Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi guru PPKn dalam merumuskan materi pembelajaran dan menentukan metode pembelajaran yaitu dengan menggunakan dua pendekatan yaitu ekspositorik dan heuristik. Media pembelajaran daring yang digunakan yaitu buku, PPT, PDF, Video Pembelajaran, Mapping dengan media komunikasi yaitu whatsapp, google meet, google classroom. Model pembelajaran yang sering digunakan yaitu blended learning dan problem based learning. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode ceramah, diskusi, resitasi, presentasi dan demonstrasi. Strategi guru PPKn dalam prosedur pembelajaran dilihat dari tahapan pembelajaran mulai dari tahap awal, tahap inti dan tahap penutup pada Rancangan Prosedur Pembelajaran (RPP) maupun pada kegiatan proses pembelajaran berlangsung.

 

            Simpulan penelitian ini adalah kempetensi yang dimiliki guru PPKn dalam merancang strategi pembelajaran daring cukup baik, namun pada pengaplikasiannya masih ditemukan beberapa kendala yang terjadi dengan guru maupun siswa.

 

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Daring, PPKn.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI