DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSAINGAN SESAMA PENGUSAHA BATU NISAN DI TANAH GROGOT KABUPATEN PASER KALIMANTAN TIMUR
PENGARANG:M AHRIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-22


 

ABSTRAK

 

Mahrida, 2021 “Persaingan Sesama Pengusaha Batu Nisan Di Tanah Grogot        Kabupaten Paser Kalimantan Timur’’. Skripsi Program Studi Pendidikan   Ilmu Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat Pembimbing (I)             Syahlan Matiro (II) Rahmat Nur

 Kata kunci: Persaingan, Persaingan Ekonomi,kreativitas.

Salah satu usaha yang digeluti masyarakat tanah grogot kabupaten paser Kalimantan timur adalah produksi kerajinan Batu Nisan. Tingginya minat beli masyarakat terhadap batu nisan mendorong persaingan pengusaha batu nisan di tanah grogot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa persaingangan yang terjadi diKalimantan timur dan untuk mengetahui: (1) Persaingan yang terjadi diantara pengusaha batu nisan di Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur (2) Cara Pengusaha Menarik Perhatian Konsumen di Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur.

Metode yang digunakan dalam penelitin ini adalah kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive sampling yaitu dengan kriteria pengusha batu nisan yang memiliki usahayang lebih maju, Menggeluti usaha batu nisan lebih dari 15 tahun, Mempunyai nama besar sebagai Djuragan pengusaha batu nisan, Memproduksi Batu nisan sebulan kurang lebih 50 batu nisan. Berdasarkan kriteria tersebut maka dipilih yaitu dari pengusaha (penjual) batu nisan bapak H.Rachmadi dan H.Taupik. Pengumpulan data dilakukan denga teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, Analisis hasil penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data dan verifikasi.

Hasil ini menunjukakakan bahwa: (1) Persaingan sesama pengusaha batu nisan yang terjadi dalam hal produksi, bentuk dari motif batu nisan, ciri khas batu nisan. masing-masing pengusaha bersaing dalam hal memproduksi bentuk bentuk batu nisan semenarik mungkin dengan memperhatikan kualitasnya. (2) Cara pengusaha menarik perhatian konsumen dengan melakukan pembaharuan motif- motif batu nisan yang dijual disetiap toko batu nisan.lalu memperlengkap produk motif motif batu nisan yang menjadikan ciri khas mereka yang membedakan antara satu dengan yanglain.

Berdasarkan hasil temuan disarankan kepada para pengusaha agar terus mengembangkan diri dengan ide-ide kreativ menciptakan inovasi dan hal-hal baru serta memliki rasa semangat yang tinggi agar menjadi pengusaha yang unggul, selalu menciptakan perhubungan yang baik kepada pelanggan agar terciptanya rasa percaya. Dan disarankan kepada mahasiswa yang ingin meneliti tentang persaingan agar sebaiknya lebih mengarah ke strategi atau sesamapengusaha.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI