DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM MITIGASI KEBAKARAN LAHAN DI KECAMATAN LANDASAN ULIN KOTA BANJARBARU
PENGARANG:FITRI RUSITAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-25


Penelitian berjudul “Peran Serta Masyarakat Dalam Mitigasi Kebakaran Lahan di Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru”. Tujuan penelitian adalah mengetahui peran serta masyarakat dalam mitigasi kebakaran lahan di Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Masyarakat Peduli Api (MPA), di Kelurahan Guntung Payung Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru berjumlah 26 orang. Sampel dalam penelitian adalah Masyarakat Peduli Api (MPA) di Kelurahan Guntung Payung Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru yang berjumlah 26 orang. Sampel yang diambil merupakan sampel penuh. Penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif. Instrumen pengumpulan data adalah kuesioner atau angket. Penskoran menggunakan skala likert dengan skala interval 1-4 sebagai skala yang mengukur sikap, pendapat dan persepsi seseorang mengenai suatu fenomena sosial. Para responden akan diberikan pertanyaan dengan diberikan pertanyaan dengan jawaban terbatas dengan skor yang terdiri dari (1) Sangat Tidak Setuju, (2) Tidak Setuju, (3) Setuju, dan (4) Sangat Setuju. Skala likert dibuat dalam bentuk checklist. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif yaitu persentasi tabulasi dan nilai rata-rata untuk menganalisis tingkat peran serta masyarakat dalam mitigasi kebakaran lahan di Kelurahan Guntung Payung Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata – rata dari setiap variabel yaitu faktor kebakaran lahan sebesar 2,6154, peralatan kebakaran lahan sebesar 3,0385, peran sebelum kebakaran lahan sebesar 3,2395, peran saat kebakaran lahan sebesar 3,0385, peran sesudah kebakaran lahan sebesar 3,1, serta mitigasi kebakaran lahan sebesar 3,1758. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peran Masyarakat Peduli Api (MPA) di Kelurahan Guntung Payung Kecamatan Landasan Ulin sangat berperan dan berpengaruh dalam menghadapi kebakaran lahan. Mitigasi yang dilakukan Masyarakat Peduli Api (MPA) di Kelurahan Guntung Payung Kecamatan Landasan Ulin yakni membuat sumur air sebagai sumber air jika terjadi kebakaran lahan, melakukan pengadaan alat pemadam sederhana dengan dana operasional, melakukan pembuatan sekat bakar agar lahan terbakar tidak meluas, membersihkan bahan bakar dibawah tegakan lahan, dan melakukan pembakaran terkontrol.

Kata Kunci :Peran serta mayarakat, Kebakaran lahan, Mitigasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI