DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA KELAS XI MELALUI PEMBELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN
PENGARANG:MUTIA RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-25


ABSTRAK.

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Disiplin Siswa dan Implementasi

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai Implementasi Karakter Disiplin Pada Siswa Kelas XI Melalui Pembelajaran PPKn Di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Pendidikan karakter mempunyai tujuan penanaman nilai dalam diri siswa dan pembaruan tata kehidupan bersama yang lebih menghargai kebebasan individu. Selain itu, pendidikan karakter bertujuan meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia siswa secara utuh, terpadu, dan seimbang sesuai dengan standar kompetensi kelulusan.

Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan observasi di SMA N 12 Banjarmasin. Instrumen penelitian peneliti sendiri dengan menggunakan pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah Implementasi Karakter Disiplin Pada Siswa Kelas XI Melalui Pembelajaran PPKn Di SMA  Negeri 12 Banjarmasin dengan memberikan contoh keteladanan karakter disiplin dalam sehari-hari. Guru juga mengingatkan kepada siswa agar selalu berperilaku disiplin dan tetap mentaati peraturan yang ada disekolah. Selain itu guru juga selalu mengingatkan siswa agar selalu mengimplementasikan karakter disiplin melalui pembelajaran PPKn disekolah, dan selalu memberikan contoh disiplin yang baik agar siswa dapat mengimplementasikan karakter disiplin bukan hanya disekolah tetapi juga dilingkungan keluarga, lingkungan dan dunia kerja nantinya.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar Guru dan warga sekolah harus tetap memperhatikan Pengembangan dan pengimplementasian karakter disiplin yang dilakukan dengan mengacu pada implementasi pendidikan karakter untuk menerapkan karakter disiplin sejak dini, diharapkan siswa sampai dewasa sudah terbiasa untuk berprilaku disiplin dalam kehidupan sehari-hari  serta bertingkah laku yang baik dilingkungan sekolah, lingkungan masyarakat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI