DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MATERI AJAR BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATERI VEKTOR BERMUATAN AUTHENTIC LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK
PENGARANG:NURSIDA UMI MAESARAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-26


Keterampilan pemecahan masalah menjadi keterampilan mendasar yang harus dimiliki peserta didik di era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Studi awal menunjukan rendahnya keterampilan pemecahan masalah sebagian besar peserta didik. Dilakukan penelitian dengan tujuanmendeskripsikan kelayakan materi ajar berbasis aplikasi android pada materi vektor bermuatan authentic learning yang dikembangkan untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan model ASSURE dan uji coba kelas menggunakan one group pre-test and post-test pada 37 peserta didik kelas X IPA 1 SMAN 1 Banjarmasin. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari instrumen validasi materi ajar, angket  respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas materi ajar berbasis android bermuatan authentic learningdengan rerata skor 3,24 berkategori valid; (2) kepraktisan materi ajar berbasis android bermuatan authentic learning dengan skor 3,08 berkategori praktis;dan (3) efektivitas materi ajar berbasis android bermuatan authentic learningberkategori efektif karena N-gain sebesar 0,62 dengan kriteria sedang danpemecahan masalah peserta didik berkategori baik. Dengan demikian, pengembangan materi ajar berbasis android bermuatan authentic learning layak untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI