DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI SISWA MENGENAI HAK SEBAGAI WARGA NEGARA TERHADAP AKSI DEMONSTRASI OMNIBUSLAW RUU CIPTA KERJA PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:AHMAD
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-26


ABSTRAK

Ahmad, 2021. Persepsi Siswa Mengenai Hak Sebagai Warga Negara Terhadap Aksi Demonstrasi Omnibuslaw RUU Cipta Kerja Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Sarbaini, (II) Muhammad Elmy.

 

Kata Kunci :  Hak Sebagai Warga Negara, Demonstrasi, Omnibuslaw RUU Cipta Kerja

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggali persepsi siswa terhadap pengetahuan hak sebagai warga negara (2) menganalisis persepsi siswa terhadap aksi atau demonstrasi tentang RUU cipta kerja atau omnibuslaw yang dilakukan oleh kalangan siswa (3) Bagaimana upaya untuk meningkatkan pengetahuan, dan penerapan hak siswa sebagai warga negara Indonesia SMAN 4 Banjarmasin.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dimana data yang diperoleh dari sampel populasi penelitian kemudian dianalisis sesuai dengan metode statistik yang digunakan lalu di interpretasikan. Data diperoleh dengan teknik angket dan wawancara. Dalam penelitian ini yang akan dijadikan sebagai populasi adalah seluruh Siswa   Kelas X dan XI SMAN 4 Banjarmasin yang terdiri dari 15 Kelas yang jumlah siswa adalah 549. Yang dijadikan sampel pada penelitian ini ialah berjumlah 85 orang responden Siswa/I SMAN 4 Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling dilakukan secara acak untuk menjadi sample.

Hasil penelitian yang berjudul “Persepsi Siswa Mengenai Hak sebagai Warga Negara Terhadap Aksi Demonstrasi Omnibuslaw RUU Cipta Kerja pada SMAN 4 Banjarmasin”, penulis dapat menyimpulkan dari hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1). Hasil penelitian terkait Persepsi siswa SMAN 4 Banjarmasin terhadap pengetahuan hak sebagai warga negara. Peneliti mendapatkan hasil dari rekapitulasi jawaban responden yaitu 50,07% + 43.60% = 93.67%. Maka dapat disimpulkan bahwa “Persepsi siswa SMAN 4 Banjarmasin terhadap pengetahuan hak sebagai warga negara” berada pada tingkat “ Sangat Baik”. Berdasarkan tolak ukur yang telah penulis tetapkan.2). Hasil penelitian terkait Persepsi siswa terhadap aksi atau demonstrasi tentang Rancangan Undang Undang Cipta Kerja atau Omnibuslaw yang di lakukan oleh kalangan siswa. Penulis mendapatkan hasil dari rekapitulasi jawaban responden yaitu 23,28% + 47,78% = 71,06%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Persepsi siswa terhadap aksi atau demonstrasi tentang Rancangan Undang Undang Cipta Kerja atau Omnibuslaw yang di lakukan oleh kalangan siswa berada pada tingkat “Baik”. 3). Sedangkan dari hasil penelitian ini dapat penulis simpulkan bahwa Hipotesis pada penelitian ini di Terima. Adapun upaya Guru, Orangtua dan Siswa dalam meningkatkan pengetahuan, dan penerapan hak siswa sebagai warga negara di Lingkungan sekolah adalah dengan melakukan berbagai cara diantaranya memenuhi semua sarana belajar siswa dalam menjalankan pembelajaran dan mengasah skill atau keterampilan yang dimiliki oleh siswa, orang tua dan guru mendukung kegiatan yang dilakukan siswa selama kegiatan itu untuk mengasah skill siswa dan siswa selalu mentaati peraturan yang diberlakukan sekolah, orangtua dapat memberikan fasilitas yang mendukung agar siswa tersebut berprestasi, dalam lingkungan masyarakat siswa sebagai warga negara harus mendapatkan pengakuan diri dilingkungannya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI