DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL ETIKA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 BANJARMASIN
PENGARANG:JAMILAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-26


Jamilah. 2021. Pengembangan modul etika komunikasi interpersonal pada siswa kelas VIII di SMPN 6 Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Sulistiyana, S.Pd., M.Pd (II) Dr. Ririanti Rachmayanie J. S.Psi., M.Pd.

Kata kunci : Modul, Layanan Bimbingan Klasikal,  Etika Komunikasi Interpersonal

 

Ditemukan permasalahan etika komunikasi interpersonal pada siswa kelas VIII di  SMPN 6 Banjarmasin yang mengakibatkan hubungan dengan orang lain menjadi tidak baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan Modul Etika Komunikasi Interpersonal pada Siswa kelas VIII di SMPN 6 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan mix-method dengan jenis penelitian pengembangan. Alat pengumpulan data menggunakan angket skala likert dan angket uji akseptabilitas. Dalam penelitian ini menggunakan uji kelompok terbatas. Uji coba kelompok terbatas dilakukan kepada 15 orang siswa kelas VIII di SMPN 6 Banjarmasin tahun ajaran 2021/2022.  Adapun teknik analisis data menggunakan ICC, Cohen Kappa, dan Paired Sample T-test.

Hasil penelitian berdasarkan penilaian para ahli tentang akseptabilitas modul menunjukkan modul termasuk berguna, layak dan tepat. Selanjutnya, hasil penelitian berdasarkan uji Paired Sample T-Test menunjukkan taraf signifikasi Sig: p <  0,05 dengan keterangan ada perbedaan pada taraf sig 5%. Oleh karena itu disimpulkan modul etika komunikasi interpersonal yang dikembangkan sesuai 7 dari 10 tahapan pengembangan Borg&Gall  ini efektif untuk meningkatkan etika komunikasi interpersonal siswa. Sehingga diharapkan guru BK dapat menggunakan modul ini dengan sebaik-baiknya dalam memberikan layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan etika komunikasi interpersonal siswa disekolah.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI