DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PEGAWAI DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANADI KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:Siti Novia Rahmah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-26


Siti Novia Rahmah (2021). Pengaruh Perceived Organizational Support dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dengan Komitmen Organisasiomal Sebagai Variabel Intervening pada Pegawai Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana di Kabupaten Tabalong. Pembimbing: Meiske Claudia.

 

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perceived organizational support dan kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) melalui komitmen organisasional pegawai pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana di Kabupaten Tabalong.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian ini adalah 46 pegawai pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana di Kabupaten Tabalong. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner terhadap 46 pegawai pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana di Kabupaten Tabalong yang mana hasil penelitian di olah dengan menggunakan PLS. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh langsung yang signifikan variabel perceived organizational support terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB); Tidak terdapat pengaruh langsung yang signifikan variabel kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB; Terdapat pengaruh langsung yang signifikan variabel perceived organizational support terhadap komitmen organisasional; Terdapat pengaruh langsung yang signifikan variabel kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional; Terdapat pengaruh langsung yang signifikan variabel komitmen organisasional terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Komitmen Organisasional tidak memediasi secara signifikan pengaruh Perceived Organizational Support terhadap Organizational Citizenship Behaviour. Komitmen Organisasional memediasi secara signifikan pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behaviour.  

 

Kata Kunci: Perceived Organizational Support, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional, Organizational Citizenship Behavior

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI