DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN BUSINESS MODEL CANVAS SEBAGAI INOVASI STRATEGI BISNIS PADA USAHA RUMAH MAKAN DI KOTA BANJARBARU (Studi Kasus pada Rumah Makan Bakso Batuah Jl. A. Yani Km. 36 Kota Banjarbaru)
PENGARANG:ADITYA RENALDI KURNIAWAN
PENERBIT:PERTANIAN
TANGGAL:2017-10-30


Aditya Renaldi Kurniawan. Penerapan Business Model Canvas sebagai Inovasi Strategi Bisnis pada Usaha Rumah Makan di Kota Banjarbaru (Studi Kasus pada Rumah Makan Bakso Batuah Jl. A. Yani Km. 36 Kota Banjarbaru), dibimbing oleh Emy Rahmawati dan Hj. Kamiliah Wilda.

 

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model bisnis Usaha Rumah Makan Bakso Batuah dengan menggunakan Business Model Canvas dan untuk memberikan pilihan inovasi strategi bisnis yang tepat.

  Hasil penelitian ini menunjukkan Bahwa Usaha Rumah Makan Bakso Batuah dapat digambarkan dengan Business Model Canvas melalui 9 elemennya.

  Elemen Segmen Pelanggan Usaha Rumah Makan Bakso Batuah yang difokuskan kepada segmen pelanggan remaja dan dewasa.

  Elemen Proposisi Nilai yang diberikan berupa selalu menjaga citarasa yang baik dari makanan/produk, menyediakan pesanan khusus kepada pelanggan dan menyediakan produk tambahan, harga mencakup biaya produk yang cukup terjangkau, merek berupa nama baik usaha yang sudah dikenal baik oleh masyarakat, akses dimana letak lokasi usaha yang sangat strategis dan kenyamanan selalu menjaga tempat usaha yang bersih.

  Elemen Saluran yang dimiliki berupa saluran langsung melalui Rumah Makan sendiri dan hubungan dengan konsumen melalui percakapan dan melakukan pelayanan secara langsung.

  Elemen Hubungan Pelanggan dengan cara mengoptimalkan kinerja pelayanan yang baik, cepat dan teliti serta komunikatif, ramah dan santun untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan lama dan baru.

 

 

Elemen Arus Pendapatan diperoleh melalui penjualan produk dengan metode transaksi satu kali pembayaran dari pelanggan.

  Sumberdaya Utama yang dimiliki berupa Fisik Gedung Ruko Rumah Makan, fasilitas ruangan, alat-alat produksi dan tempat penyimpanan bahan baku, sumberdaya manusia 8 orang karyawan dengan keterampilan baik.

  Elemen Kunci Aktivitas dilakukan pengembangan dengan penyediaan jenis makanan yang lebih beragam berupa penambahan produk sate dan soto selain yang sudah ada yaitu bakso dan mie ayam.

  Elemen Kemitraan Utama yaitu pedagang-pedagang bahan baku utama dan pendamping yang ada dipasar Banjarbaru, pedagang telur puyuh tusuk, pedagang kerupuk, PT. Coca Cola Amatil Indonesia dan PT. Sinar Sosro.

  Elemen Struktur Biaya dengan karakteristik biaya yaitu biaya tetap untuk gaji karyawan, listrik dan air, biaya variabel mencakup biaya bahan baku olahan dan transportasi.

 

Hasil dari analisis SWOT menunjukkan strategi yang tepat untuk Rumah Makan Bakso Batuah yaitu membuka layanan kegiatan pesan antar, membuat logo desain usaha sebagai identitas bisnis, meningkatkan usaha melalui investasi dengan bisnis waralaba, menjaring pelanggan baru seperti pasar massa yang lebih luas, menambah menu olahan masakan, promosi usaha melalui pemanfaatan sosial media, penambahan karyawan sesuai kebutuhan usaha, memberikan pelatihan kepada karyawan, kostum pakaian khusus, menambah fasilitas usaha dan perluasan area usaha.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI