DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINGKAT KESEGARAN JASMANI DITINJAU DARI STATUS GIZI PESERTA DIDIK SD NEGERI BALAI AMAS KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:M. PATHAN RAHIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-02


ABSTRAK

Muhammad Pathan Rahim, NIM A1D115221, 2021. “Tingkat Kesegara Jasmani Ditinjau Dari Status Gizi Peserta Didik SD Negeri Balai Amas Kabupaten Hulu Sungai Selatan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Jasmani. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Drs. Sofyan, S.Pd,. M.Pd. Pembimbing: (II) Dr. Eka Purnama Indah, S.Pd., M.Pd.

 

Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui Tingkat Kesegaran Jasmani Ditinjau Dari Status Gizi Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Balai Amas Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Menurut (Sugiono 2019:7) metode penelitian kuantitatif adalah sebagai metode positivistik karena berlandaskan pada filsafat positivisme. Metode ini juga disebut kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Teknik pengambilan data dengan tes dan pengukuran TKJI.

 Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V dan VI yang ada di SD Negeri Balai Amas Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang terdiri dari 100 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Jadi jumlah subyek yang digunakan adalah 30 peserta didik dengan 15 peserta didik putera dan 15 peserta didik puteri, dikarenakan 2 peserta didik puteri tidak bisa ikut dengan alasan tidak diberi izin oleh orang tuanya karna pada saat itu masih dalam keadaan pandemi covid-19. Oleh sebab itu menjadi 17 peserta didik putera dan 13 peserta didik puteri.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) tingkat kesegaran jasmani peserta didik SD Negeri Balai Amas Kabupaten Hulu Sungai Selatan sebagian besar adalah “kurang”. Secara rinci, sebanyak 1 peserta didik (3.33%) dalam kategori “kurang sekali”, 17 peserta didik (56.67%) dalam kategori “kurang”, 11 peserta didik (36.67%) dalam kategori “sedang”, 1 peserta didik (3.33%) dalam kategori “baik”, dan tidak ada (0%) dalam kategori “baik sekali”. 2) status gizi peserta didik SD Negeri Balai Amas Kabupaten Hulu Sungai Selatan sebagian besar pada kategori “sangat kurus”, yaitu sebanyak 15 peserta didik (50%), selanjutnya pada kategori “normal” sebanyak 7 peserta didik (23%), selanjutnya pada kategori “kurus” sebanyak 6 peserta didik (20%), selanjutnya pada kategori “sangat gemuk” sebanyak 2 peserta didik (7%), dan untuk kategori gemuk tidak ada 0 (0%).

Kata Kunci: Tingkat Kesegaran Jasmani, Status Gizi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI