DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN SUNGAI MARTAPURA SEBAGAI SUMBER EKONOMI MASYARAKAT KELURAHAN BANUA ANYAR BANJARMASIN
PENGARANG:Annisa
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-02-02


Annisa. 2018. Pemanfaatan Sungai Martapura sebagai  Sumber Ekonomi Masyarakat Kelurahan Banua Anyar Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum dan Pembimbing II: Rusmaniah, M.Pd.

            Perairan Kalimantan Selatan yang luas membuat masyarakatnya sangat berorientasi dengan sungai. Sungai menyimpan berbagai peran untuk  dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Namun, dalam kegiatan ekonomi masyarakat belum sepenuhnya memanfaatkan sungai Martapura. Dengan melihat potensi yang ada dari sungai sehingga dapat dikembangkan oleh pemerintah dan masyarakat Kelurahan Banua Anyar khususnya untuk keberlangsungan aktivitas ekonomi. Tujuan Penelitian: 1) Menjelaskan potensi sungai Martapura untuk dimanfaatkan sebagai sumber ekonomi masyarakat Kelurahan Banua Anyar. 2) Mendeskripsikan pemanfaatan sungai Martapura sebagai sumber ekonomi masyarakat Kelurahan Banua Anyar.

            Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kualitatif dengan mendeskripsikan hasil  penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan simpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi (sumber, teknik, waktu), dan perpanjangan pengamatan.

            Berdasarkan hasil penelitian bahwa 1) Keadaan tanahnya yang subur, arusnya yang relatif tenang dan pengaruh pasang surut air laut membuat sungai Martapura khususnya yang mengaliri Kelurahan Banua Anyar mulai dimanfaatkan masyarakat untuk kepentingan ekonomi. 2) pemanfaatan sungai Martapura sebagai sumber ekonomi di Kelurahan Banua Anyar dengan melihat potensi yang ada yaitu berupa kuliner, budidaya ikan, dan pertanian. Dengan adanya sumber ekonomi tersebut masyarakat dapat mengandalkan usaha tersebut sebagai mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Kata Kunci: Potensi, Pemanfaatan, Sungai Martapura, Sumber Ekonomi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI